Perancangan Sistem Informasi Pengaduan RSUD Dr. Soedarsono Pasuruan Berbasis Website Dengan Menggunakan Metode Waterfall

Main Article Content

Nirma Dwi Wulansari
Gita Indah Marthasari
Briansyah Setio Wiyono

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan sistem informasi berbasis website pada pengaduan RSUD dr.R.Soedarsono Kota Pasuruan. Pengaduan di rumah sakit masih dilakukan secara manual, selama ini pengaduan hanya dilakukan secara face to face dan menggunakan kotak saran, yang mana pasien harus menulis dan mendatangi rumah sakit terlebih dahulu untuk memberikan saran, tentunya ini sangat tidak praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu rancangan sistem yang dapet membantu memecahkan permasalahan pada sistem pengaduan rumah sakit yang masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi nya kehilangan atau kesalahan menginput data masih tidak terlacak secara baik, hal ini penting dilakukan agar dapat ditangani dengan baik dan juga dapat memudahkan masyarakat untuk mengirim kritik dan saran terhadap pelayanan Rumah Sakit yang dapat diakses secara online. Konsep yang digunakan dalam pembuatan website ini menerapkan konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dengan Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode pengembangan perangkat lunak Software Development Life (SDLC) model waterfall. Metode ini memiliki berberapa tahapan yaitu analysis, design, implementation, testing dan maintance. Disebut dengan waterfall karena tahap demi tahap yang dilalui harus menunggu selesainya tahap sebelumnya dan berjalan berurutan. Pengujian sistem menggunakan pengujian Black Box Testing dan User Acceptance Test (UAT). Hasil penelitian yang terdapat dalam perancangan sistem informasi pengaduan di RSUD dr.R.Soedarsono Kota Pasuruan ini adalah bisa memberikan informasi yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja serta serta memudahkan pasien untuk mengirimkan kritik dan saran secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. D. Wulansari, G. I. Marthasari, and B. S. Wiyono, “Perancangan Sistem Informasi Pengaduan RSUD Dr. Soedarsono Pasuruan Berbasis Website Dengan Menggunakan Metode Waterfall”, JR, vol. 5, no. 3, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Novira, F. F. Aiyub, U. Samudra, and R. Sakit, “Aplikasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Applications Services Web-Based Public Complaints inthe Area of Langsa General Hospital,” vol. 1, no. 1, pp. 70–72, 2019.

W. Mulyani and B. E. Purnama, “Pembangunan Sistem Informasi Data Balita Pada Posyandu Desa Ploso Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan,” Speed - Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 7, no. 2, pp. 15–19, 2013.

N. Na, “Aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit Berbasis Web Pada Sub- Sistem Farmasi Menggunakan Framework Prado,” Int. J. Ther. Rehabil. Res., vol. 6, no. 1, p. 148, 2017, doi: 10.5455/ijtrr.000000235.

A. Meiriza, H. Novianti, and M. Temala, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Dalam Penjualan Alat-Alat Elektronik Untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan Pada Duta Elektronik Palembang,” pp. 119–125, 2017.

E. F. Fitriana et al., “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E- CRM) dalam Meningkatkan Loyalitas,” J. Idealis, pp. 479–484, 2018.

Sutariyani, K. Hamidjoyo, and S. A. N, “Electronic Customer Relationship Management (E- Crm) Pada Rsu Assalam Gemolong,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 6, no. 2, pp. 43– 48, 2017.

M. Muliansyah and Z. Maizi, “Perancangan sistem infomasi pengaduan Pukesmas Kopelmas Darussalam Banda Aceh berbasis web,” J. Informatics Comput. Sci. Vol., vol.5, no. 1, pp. 1–9, 2019.

D. P. yudhi Ardiana and I. M. S. Dwiputra, “Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelanggan di Rumah Sakit Umum Surya Husadha Denpasar Berbasis Web,” MATRIK

J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 2, pp. 257–267, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.405.

C. Cahyo Nugroho and N. Santoso, “Implementasi Perangkat Lunak Electronic Customer Relationship Management (e-CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM (Studi Kasus Fotorentis Studio),” Pros. Semin. Inform. Apl. Polinema 2015, vol. 6, no. 1, pp. 83– 90, 2015.

Nurhadi, B. T. Sartana, and R. Sakit, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Dalam Menumbuhkan Kepuasan,” pp. 539–544.

V. Resky, L. Atika, F. Teknik, I. Komputer, U. B. Darma, and S. Informasi, “Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Pasien Berbasis WwebMenggunakan Metode Engineerig Pada Pukesmas Keramasan Kota Palembang,” pp. 927–934.

M. Topan, H. F. Wowor, and X. B. N. Najoan, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Berbasis Web Studi Kasus : Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi,” E -

J. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/viewFile/9968/9554.

A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, System Analysis and Design: An object- oriented approach with UML, 5th ed, vol. 53, no. 9. 2015.

S. P. P. D. R. PENINGKATAN and P. Publik, “Jurnal Ilmu Administrasi ( JIA ),” vol. XV, no. 1, pp. 103–115, 2018.

A. B. Ramadhan, “Peran E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada Harris Hotel & Conventions Malang),” vol. 40, no. 1, pp. 194–198, 2016.

J. Cordeaux, “Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Perhitungan Nilai Mata Pelajaran Berbasis WebPada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening,” Notes Queries, vol. s5-VII, no. 159, p. 37, 1877, doi: 10.1093/nq/s5-VII.159.37- a.

A. F. Sallaby and I. Kanedi, “Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Media Infotama, vol. 16, no. 1, pp. 48–53, 2020, doi: 10.37676/jmi.v16i1.1121.

W. Istiono, Hijrah, and Sutarya, “Pengembangan Sistem Aplikasi Penilaian dengan Pendekatan MVC dan Menggunakan Bahasa PHP dengan Framework Codeigniter dan Database MYSQL pada Pahoa College Indonesia,” J. TICOM, vol. 5, no. 1, pp. 53–59, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/93757-ID- pengembangan-sistem-aplikasi-penilaian-d.pdf.

D. Pranata, H. Hamdani, and D. M. Khairina, “Rancang Bangun Website Jurnal Ilmiah Bidang Komputer (Studi Kasus : Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 25, 2015, doi: 10.30872/jim.v10i2.187.

Y. A. Binarso, E. A. Sarwoko, and N. bahtiar Ba, “Pembangunan Sistem Informasi Alumni Berbasis Web Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Diponegoro,”

J. Informatics Technol., vol. 1, no. 1, pp. 72–84, 2012.

A. Yani, B. Saputra, and R. T. Jurnal, “Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa Dan Kehadiran Guru Berbasis Web,” Petir, vol. 11, no. 2, 2018, doi: 10.33322/petir.v11i2.344.

H. Riyadli, A. Arliyana, and F. E. Saputra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Berbasis WEB,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 98–103, 2020, doi: 10.33084/jsakti.v3i1.1770.

“Rancang Bangun E – Voting Berbasis Website Di Universitas Negeri Surabaya,” vol. 6, p. 2, 2016.

O. Shoewu et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Layanan Inntranet Rumah Sakit Dengan Metode Waterfall,” CEUR Workshop Proc., vol. 13, no.1, pp. 315–322, 2016.

M. Destiningrum and Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, p. 30, 2017, doi: 10.33365/jti.v11i2.24.

D. D. W. Soejono, D. R. Candra, D. Rosandi, R. R. Putra, Y. Nurfaidzin, and H. Ardiansyah, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Website dengan PHP MySQL Kedai Kopi.Net Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 3, no. 2, p. 90, 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i2.3864.

Arina Nur Syahputri and Dimas Aryo Anggoro, “Penerapan Sistem Informasi Penjualan Dengan Platform E-Commerce Pada Perusahaan Daerah Apotek Sari Husada Demak,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 3, no. 1, pp. 58–69, 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i1.540.