Business Process Reengineering Program Prakerin SMK Negeri 1
Main Article Content
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kinali yang berada di Sumatera Barat memiliki berbagai proses bisnis, termasuk penerimaan siswa baru, perpustakaan, kegiatan ekstrakurikuler, dan program prakerin. Namun, proses pada program prakerin dinilai belum efisien karena belum dilakukannya pembaruan. Untuk meningkatkan efisiensi pada proses tersebut, perlu dilakukan analisis melalui Rekayasa Ulang Proses Bisnis. Pada rekayasa ulang proses bisnis melibatkan beberapa tahap seperti analisis proses bisnis, uji efisiensi throughput proses bisnis awal, penyempurnaan ulang desain proses, rekomendasi proses bisnis, dan perbandingan perancangan hasil uji efisiensi throughput. Hasil dari rekayasa ulang ini menunjukkan peningkatan efisiensi throughput sebesar 45,2%, 0,1%, dan 41,4%, sehingga semua proses mencapai efisiensi 100%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
E. Nurcahyono and H. Yanto, “Economic Education Analysis Journal Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan Kontribusinya Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Pati,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 4, no. 1, pp. 1–255, 2015, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
S. Edi et al., “Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ),” vol. X, no. 1, pp. 22–30, 2017.
D. Alfian nurlifa, neny Sulistianingsih, “Rekayasa Ulang Proses Bisnis Administrasi Tugas Akhir dan Wisuda,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 11–17, 2013, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/download/3116/2848/4038
L. Hasanah, E. D. Wahyuni, and W. Suharso, “Evaluasi Kesiapan Dan Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Management Tugas Akhir (SIMTEKNIK) Menggunakan Metode TRAM (Technology Readiness Acceptance Model),” J. Repos., vol. 2, no. 7, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i7.855.
W. Suharso and D. A. P. Mualim, “Rekayasa Ulang Sistem Permintaan Informasi Pada Kejaksaan Negeri Batu,” J. INSTEK (Informatika Sains dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 9–15, 2017, doi: 10.24252/instek.v3i2.6045.
D. A. Pradhipta, W. Suharso, and M. S.Kom., M.kom, “Business process reengineering pada kejaksaan negeri Batu,” J. Repos., vol. 1, no. 2, p. 159, 2020, doi: 10.22219/repositor.v1i2.255.
A. Sulaiman, “Analisis dan Rekayasa Ulang Proses Bisnis Sistem Pembelian pada PT XYZ,” J. Ultim. InfoSys, vol. 5, no. 1, pp. 27–32, 2014, doi: 10.31937/si.v5i1.216.
S. Juniyanti, I. Nuryasin, and W. Suharso, “Business Process Reengineering Pada PT Cahaya Mega Grup Tour Travel,” J. Repos., vol. 5, no. 3, pp. 767–784, 2023.
H. Wasiati, “Lapangan Mahasiswa Menggunakan Business Process Reengineering Di STMIK AKAKOM Hera Wasiati,” J. Teknol. Inf., vol. 10, no. 28, 2015.
M. Dzul Fikry, I. Sudanawati Rozas, and F. Muslihul Amin, “Implementation of Business Process Reengineering To Minimize Customer Complaints,” Return Study Manag. Econ. Bussines, vol. 3, no. 04, pp. 367–388, 2023, doi: 10.57096/return.v3i04.90.