Pentingnya Teknologi Infromasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Novia Komala Sari
Wahyu Andhyka Kusuma

Abstract

Dimasa pandemi covid-19 sekarang ini banyak sekolah dan Universitas yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh, karena pemerintah sendiri belum memastikan kapan akan resmi di bukanya sekolah secara offline atau bertatap muka secara langsung di dalam kelas, walaupun sekarang sudah sebagian sekolah atau universitas mulai mengadakan kelas secara langsung atau offline tetapi harus dengan protocol Kesehatan yang ketat yang memenuhi standar pencegahan covid-19. Dengan situasi seperti sekarang ini peran teknologi informasi dan komunikasi sangat penting untuk menghubungkan pengajar dan pembelajar dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu  penyesuaian sektor Pendidikan selama pandemi covid-19. Pada pelaksanaan pembelajaran jauh teknologi menjadi kunci keberlangsungan pembelajaran jarak jauh yang memudahkan terlaksanakannya proses pembelajaran. Sekarang ini banyak platform online seperti LMS (Learning Management System) sebagai pendukung atau sarana para pengajar dan pembelajar untuk dapat memberikan dan mendapatkan sumber pembelajaran. LMS (Learning Management System) adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, pembelajaran elektronik, dan isi pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. K. Sari and W. A. Kusuma, “Pentingnya Teknologi Infromasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19”, JR, vol. 4, no. 1, Feb. 2024.
Section
Articles

References

F. Nadziroh, “Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning,” J. Ilmu Komput. Dan Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2017.

Abdul Latip, “Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 108–116, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1956.

L. D. Herliandry, N. Nurhasanah, M. E. Suban, and H. Kuswanto, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020, doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.

U. Hanifah Salsabila, L. Irna Sari, K. Haibati Lathif, A. Puji Lestari, and A. Ayuning, “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188–198, 2020, doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.

F. AGUS SUSILO, “Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran,” MATHEdunesa, vol. 2, no. 1, 2013.

K. Arizona, Z. Abidin, and R. Rumansyah, “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 64–70, 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i1.111.

I. F. Alifiyanti, F. H. Afifah, and N. Ramadoan, “Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Materi Fluida Dinamis Untuk Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah,” Pros. SNFA (Seminar Nas. Fis. dan Apl., vol. 3, no. 1, p. 155, 2019, doi: 10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28536.

A. Hasanah, A. Sri Lestari, A. Y. Rahman, and Y. I. Danil, “Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19,” Karya Tulis Ilm. Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, pp. 4–8, 2020, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565.

D. Ratu, A. Uswatun, and H. Pramudibyanto, “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19,” J. Sinestesia, vol. 10, no. 1, pp. 41–48, 2020, [Online]. Available: https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.

Mastura and R. Santaria, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, p. 634, 2020.

R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh), vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.

Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.52362/jisicom.v4i2.312.

N. Sourial, C. Longo, I. Vedel, and T. Schuster, “Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions,” Fam. Pract., vol. 35, no. 5, pp. 639–643, 2018, doi: 10.1093/fampra/cmy005.

W. A. Kusuma, V. Noviasari, and G. I. Marthasari, “Analisis Usability dalam User Experience pada Sistem KRS Online UMM menggunakan USE Questionnaire,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 4, pp. 294–301, 2016, doi: 10.22146/jnteti.v5i4.277.

H. Wibowo, F. Firdausi, W. Suharso, W. A. Kusuma, and D. Harmanto, “Facial expression recognition of 3D image using facial action coding system (FACS),” Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 17, no. 2, pp. 628–636, 2019, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.V17I2.9304.

K. Wahyu, “by Kusuma Wahyu A,” 2020.

F. Puspitorini, “Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 99–106, 2020, doi: 10.31599/jki.v1i1.274.

P. P. Hariani and S. N. Y. Wastuti, “Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” Biblio Couns J. Kaji. Konseling dan Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 41–49, 2020, doi: 10.30596/bibliocouns.v3i2.4656.

H. Muasyaroh and L. R. M. Royanto, “Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19: Peran literasi digital dan task value terhadap self-regulated learning mahasiswa,” J. Psikol. Ulayat, 2021, doi: 10.24854/jpu172.