Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pendidikan

Main Article Content

Dara Sucia
Wahyu Andhyka Kusuma

Abstract

Pendidikan saat ini menjadi dasar dari kemajuan generasi bangsa. Peserta didik sebagai generasi penerus bangsa dipersiapkan untuk masa depan. Pastinya tenaga pendidik merupakan kunci utama untuk menghasilkan generasi emas indonesia. Wabah COVID-19 telah menggangu proses pembelajaran, yang menuntut sektor pendidikan untuk melakukan berbagai perubahan dan adaptasi demi pelaksanaan proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Tentunya banyak kendala dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring dimana peserta didik diharuskan belajar dirumah saja untuk menghindari terpapar virus. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui ponsel, komputer, laptop yang terhubungan dengan koneksi internet. Dosen dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan media sosial, seperti google classroom, edmodo, whatsapp dan sebagainya. Dengan demikian, dosen dapat memastikan mahasiswa mengikuti kegiatan pembelajaran meski tidak secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sucia and W. A. Kusuma, “Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pendidikan”, JR, vol. 4, no. 2, Feb. 2024.
Section
Articles

References

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. Retrieved from https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 634.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312

Warliani, R., & Fauziyyah, S. A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(2), 372–377.

Setiana, L. N., Supriyatn, T., Islam, U., Agung, S., Semarang, U. N., & Webinar, M. (2021). Jurnal Metamorfosa, 9(1), 1–13.

Wahyu, K. (2020). by Kusuma Wahyu A.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.an. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana, F. (2020). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19. Anoa : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosial, Politik, Budaya, Hukum. Ekonomi, 1(3), 220. https://doi.org/10.52423/anoa.v1i3.13640

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jar ak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats

Wibowo, H., Firdausi, F., Suharso, W., Kusuma, W. A., & Harmanto, D. (2019). Facial expression recognition of 3D image using facial action coding system (FACS). Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), 17(2), 628–636. https://doi.org/10.12928/TELKOMNIKA.V17I2.9304

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Kusuma, W. A., Noviasari, V., & Marthasari, G. I. (2016). Analisis Usability dalam User Experience pada Sistem KRS Online UMM menggunakan USE Questionnaire. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 5(4), 294–301. https://doi.org/10.22146/jnteti.v5i4.277

Alifiyanti, I. F., Afifah, F. H., & Ramadoan, N. (2019). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Materi Fluida Dinamis Untuk Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3(1), 155. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28536

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.5

Kurniawan, H., Susanti, E., & Arriyani, N. (2021). Menjadi Guru yang Siap di masa Pandemi Covid-19, Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan Google Classroom pada Pembelajaran Daring, 11.