Solusi Desain Aplikasi ABC Explorer Untuk Mengenalkan Suku Kata Pada Anak Usia Dini Menggunakan UX Journey
Main Article Content
Abstract
4 - 6 tahun merupakan tahap perkembangan yang paling tepat untuk kehidupan seorang anak kedepannya karena otak anak berkembang pesat dan mereka menyerap informasi serta mempelajari keterampilan baru dengan lebih mudah sehingga Pendidikan anak usia dini memberikan kesempatan yang sangat baik untuk meletakkan dasar yang kokoh bagi perkembangan kognitif, bahasa, sosial dan emosional anak. Metode suku kata adalah suatu metode dimana pengajaran membaca diawali dengan pengenalan kata-kata yang dihubungkan menjadi suku kata, kemudian suku kata tersebut dihubungkan, dan terakhir kata tersebut dibentuk menjadi kalimat. Dalam bidang literasi, salah satu langkah awal yang dilakukan adalah meningkatkan kemampuan literasi sejak dini, dimulai dengan pengenalan huruf menggunakan metode pembelajaran suku kata. Aplikasi ABC Explorer adalah aplikasi membaca anak yang mudah dipahami dengan beberapa panduan. Dengan beberapa metode suku kata yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan keinginan dan imajinasi anak, serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik, seperti fitur membaca, fitur menulis dan fitur bernyanyi dengan adanya fitur tersebut dapat membuat anak mudah belajar membaca, praktek bernyanyi hingga anak dapat mempraktekan cara menulis dengan melihat contoh yang ada. Penelitian ini menggunakan metode UX journey sebagai metode yang tepat untuk memenuhi kebutuhan penelitian ini dan tujuan penelitian ini adalah untuk adalah menganalisis kebutuhan perangkat lunak dan merancang solusi pada penerapan sistem pendidikan anak usia dini yang diimplementasikan dengan metode UX journey untuk memecahkan masalah pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah desain yang interaktif untuk mengenalkan suku kata kepada anak usia dini yang berumur 4 – 6 tahun sehingga dapat memahami suka kata yang mempengaruhi tumbuh kembang anak kedepannya. Kata kunci : Anak usia dini, Desain Pembelajaran, UX Journey, ABC Explorer
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Y. Supriani and O. Arifudin, “Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia DinI”.
A. S. Ifadah, “Literasi : Pemahaman Konsep Budaya Literasi Baca - Tulis Untuk Anak Usia Dini,” vol. 04, no. 2, 2020.
I. K. Gading, M. Magta, and F. Pebrianti, “Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan,” MI, vol. 24, no. 3, p. 270, Oct. 2019, doi: 10.23887/mi.v24i3.21417.
I. P. Ihsan, M. Sakir, and F. Yusuf, “Puzzle Elektronik Montessori Sand Board Letter (SBL) Untuk Edukasi Suku Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini,” vol. 16, 2022.
Y. Novitasari and M. Fauziddin, “Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 3570–3577, Mar. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2333.
E. O. Putri, A. Utami, and R. F. Lestari, “Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Perilaku Sosial Anak Prasekolah,” j. cakrawala. promkes, vol. 2, no. 2, p. 80, Aug. 2020, doi: 10.12928/promkes.v2i2.1832.
A. R. Putra and Silfiana, “Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Sekolah di SDIT Banten Islamic School Kramatwatu Serang Banten,” Miftah : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2023.
F. R. Putri, “Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Berbagai Media Pembelajaran,” Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, vol. 2, no. 01, pp. 36–46, Jun. 2022, doi: 10.37680/absorbent_mind.v2i01.1563.
R. F. A. Aziza, “Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Menggunakan User Persona dan User Journey: Studi Kasus Aplikasi Asisten Keuangan Personal,” Information System Journal, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, 2020, doi: 10.24076/infosjournal.2020v3i2.420.
“Representasi Kebutuhan Pengguna Menggunakan Pendekatan User Persona | Harianto | Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa).” Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: http://research-report.umm.ac.id/index.php/sentra/article/view/3812/3881
N. M. Janna and H. Herianto, “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS,” Open Science Framework, preprint, Jan. 2021. doi: 10.31219/osf.io/v9j52.
N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” PILAR, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.
“View of Globalisasi dan Gadget Dikalangan Anak Usia Dini: Dampak Penggunaan, Peran Orang Tua dan Guru.” Accessed: Oct. 08, 2023. [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4762/4035
N. Ridha, “Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian,” Hikmah, vol. 14, no. 1, Art. no. 1, 2017.
T. Hilaliyah, “KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI,” Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2016, doi: 10.30870/jmbsi.v1i2.2734.
X. S. Li, “An overview of SuperLU: Algorithms, implementation, and user interface,” ACM Trans. Math. Softw., vol. 31, no. 3, pp. 302–325, Sep. 2005, doi: 10.1145/1089014.1089017.
S. M. Westhisi, “Metode Fonik Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini,” Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2019, doi: 10.22460/ts.v5i1p29-43.1271.
K. Nisa, A. R. Angraeni, R. Rihma, and I. Wahyuni, “Pengaruh Gawai pada Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2 Tahun 9 Bulan,” Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, vol. 9, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2022, doi: 10.30595/mtf.v9i2.13738.
R. H. Lestari, A. Sumitra, R. Nurunnisa, and M. Fitriawati, “Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website,” JO, vol. 5, no. 2, pp. 1396–1408, Nov. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.770.
W. A. Kusuma, S. O. Rohimah, and R. Husna, “Penggalian Kebutuhan Pengguna Pada Fase Elisitasi Perangkat Lunak Menggunakan User Persona”.
J. Siswanto and I. Purnamasari, “Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini,” vol. 2, no. 1, 2023.
E. Purwanti and D. A. Haerudin, “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan,” ThufuLA, vol. 8, no. 2, p. 260, Dec. 2020, doi: 10.21043/thufula.v8i2.8429.
F. Latifa, H. Ritchi, and N. D. Tanzil, “The Journey and Performance of E-Tax Invoicing In Indonesia: A Systematic Literatur Review,” vol. 8, no. 1, 2023.
A. N. Aniesiyah, H. Tolle, and H. M. Az-Zahra, “Perancangan User Experience Aplikasi Pelaporan Keluhan Masyarakat Menggunakan Metode Human-Centered Design”.