Analisis dan perancangan data warehouse evaluasi mahasiswa studi kasus pada jurusan Teknik Informatika UMM

Main Article Content

Maskur Maskur
Mohammad Agung Alifferiza Maulana
Wildan Soeharso

Abstract

Dalam rangka meningkat kualitas pendidikan secara berkelanjutan diperlukan suatu trobosan yang mampu melakukan analisa proses bisnis yang bertujuan untuk memudahkah eksekutif dalam melakukan pengambilan keputusan. Untuk mengatasi hal tersebut dibangun sebuah data warehouse yang berdasarkan laporan borang akreditasi khusus standard 3 mengenai mahasiswa. Penerapan data warehouse berguna untuk mendukung pengambilan keputusan di tingkat management. Model data warehouse yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Skema Star, dan menggunakan nine Step Metodology. Dengan pembangunan data warehouse, diharapkan dapat menghasilkan informasi yang berkenaan dengan evaluasi mahasiswa berdasarkan standard akreditasi dengan lebih cepat, sesuai dengan kebutuhan, serta menghasilkan informasi yang lebih ringkas. Dengan menggunakan sistem data warehouse juga dapat dihasilkan analisis multidimensi  yang bersifat informasi analitis. Sehingga bermanfaat dalam pengambilan keputusan berkenaan dengan evaluasi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Maskur, M. A. A. Maulana, and W. Soeharso, “Analisis dan perancangan data warehouse evaluasi mahasiswa studi kasus pada jurusan Teknik Informatika UMM”, JR, vol. 1, no. 1, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

y. sudarya and a. susilo, "Aplikasi Data warehouse Untuk Menunjang Standard 3 Borang Akreditasi Prodi Informatika Universitas Mercubuana," Jurnal Ilmiah Fifo, vol. XI, no. 2, pp. 110-117, 2017.

D. Linda, "Pengisian Model Borang Akreditasi Standard 3 Menggunakan Model Data Warehouse (Studi Kasus Ibi Darmajaya)," Jurnal Informatika, vol. xv, no. 2, pp. 89-101, 2015.

t. Connolly and c. begg, A Practical Approach to Design, Implementation, Six Edition, Scotland: Person, 2015.

R. and T. , Introduction to Informasion System 2E, United States Of America: Don Fowley, 2009.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Naskah Akademik Akreditasi Program Studi Sarjana, Jakarta: BAN-PT, 2008.

Inmon, Building The Data Warehouse, canada: Robert Ipsen, 2002.

v. poe, Building The Data warehouse For Decision Support, Pretince Hall International, 1998.

A. Candra, "Perancangan Datawarehouse Pada Software Laboratory Center," ComTech, vol. I, no. 2, pp. 585-597, 2010.

S. Reddy, P. Chander, R. Srinivasu and S. Reddy, "Data Warehouse, Data Mining, OLAP, and OLTP Technologies are Essential Elements to Support Decision-Making Process In Industries," International Journal on Computer Science and Engineering, vol. II, no. 9, pp. 2865-2873, 2010.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Akreditasi Program Studi Sarjana Buku IIIA Borang Akreditasi Yang Diisi Oleh Program Studi, Jakarta: BAN-PT, 2008.

R. A. Nugroho, J. Timbolok and T. J. Hoetama, "Aplikasi Data Warehouse untuk Analisis Penjualan Mobil Berbasis Multidimensional (MDM) dan Star Schema Desain," Jurnal Teknologi Informasi-Aiti, vol. v, no. 5, pp. 186-200, 2008.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>