Implementasi Metode Servqual Untuk Evaluasi Pelayanan Berbasis Web Studi Kasus : Puskesmas Talun Kabupaten Blitar

Main Article Content

Septa Hariyanto
Maskur Maskur
Ilyas Nuryasin

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Dalam sebuah organisasi yang bergerak didalam bidang jasa khususnya dalam pemberian layanan kesehatan yaitu puskesmas, kepuasan pasien harus menjadi tujuan utama mereka dalam memberikan pelayanan. Metode yang digunakan untuk mengukur kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi pelanggan dalam penelitian ini adalah metode Service Quality (Servqual) yang dikembangkan oleh Parasuraman dkk. Servqual merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan atas jasa yang telah diterimanya yakni dengan membandingkan tingkat persepsi dan ekspektasinya. Servqual menilai kualitas pelayanan berdasarkan 5 dimensi kualitas, yaitu dimensi tangibles, responsiveness, reliability, assurance, dan emphaty. Dengan menggunakan metode servqual peneliti dapat membuat sistem yang dapat menilai tingkat kepuasan pelanggan yang menggunakan jasa pelayanan puskesmas. Dalam penggunaan sistem, diperoleh hasil data tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Talun Kabupaten Blitar pada bulan Februari 2016 dengan nilai rata-rata 2,646 atau dikategorikan cukup puas. Data yang diperoleh dapat menjadikan tolak ukur suatu penyedia layanan untuk memperbaiki tingkat pelayanannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Hariyanto, M. Maskur, and I. Nuryasin, “Implementasi Metode Servqual Untuk Evaluasi Pelayanan Berbasis Web Studi Kasus : Puskesmas Talun Kabupaten Blitar”, JR, vol. 2, no. 2, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Enny, Ariyani, 2009, PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP DENGAN METODE SERVQUAL – FUZZY (Studi Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang), Jurnal Penelitian Ilmu Teknik, Vol. 9: hal 58-59.

Riadi Muchlisin, 2013, Kualitas Pelayanan Pelanggan, http://www.kajianpustaka.com/2013/04/kualitas-pelayanan-pelanggan/, diakses pada tanggal 18 Mei 2016.

Muhammad Zulfikar, 2015, Analisa Tingkat Kenyamanan Pelayanan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Dengan Metode Servqual, Pelita Informatika Budi Darma Volume : IX Nomor: 1, Medan.

Hana, Wiwik, 2015, Penentuan Prioritas Perbaikan Kualitas Layanan Kesehatan Dengan Metode Servqual, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Vol. 3 No.1.

Mukhlis, Nurcahyo, 2009, Desain Web dengan PHP, Jurnal SAINTIKOM, Vol. 6: 313-320.

Arief, M.Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: ANDI.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>