Analisis Perilaku Penerimaan Penggunaan E-Filing Menggunakan Pendekatan Theory Of Planned Behavior (TPB) Dan Technology Acceptance Model (TAM)

Main Article Content

Belli Kafilla Gani
Evi Dwi Wahyuni
Gita Indah Marthasari

Abstract

Perpajakan telah menjadi persyaratan negara sebagai penyumbang devisa terbesar negara, perpajakan di Indonesia belum lolos berbagai kegiatan. Terutama di era modern ini, yang selalu menggunakan teknologi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, perpajakan di Indonesia kini juga telah mulai menerapkan sistem baru yang mulai mengedepankan teknologi, yaitu sistem pelaporan pajak tahunan berbasis online, sistem ini adalah sistem e-Filing. Penelitian ini mengacu pada seberapa banyak pengguna merasa puas dengan sistem e-Filing karena sistem ini merupakan sistem baru yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai langkah inovasi dan pembaharuan dalam penyampaian laporan pajak tahunan. Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behaviour (TPB) adalah referensi peneliti sebagai sarana pendekatan dalam menganalisis sistem e-Filing karena Technology Acceptance Model (TAM) mengacu pada aspek penerimaan berbasis teknologi, sedangkan dalam Theory of Planned Behavior (TPB) mengacu pada aspek penerimaan berdasarkan perilaku pengguna dalam menggunakan sesuatu, Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menghitung serta untuk melepaskan data sehingga dapat mengukur perilaku penerimaan pengguna dalam menggunakan Sistem e-Filing berdasarkan kombinasi dari dua model.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
B. K. Gani, E. D. Wahyuni, and G. I. Marthasari, “Analisis Perilaku Penerimaan Penggunaan E-Filing Menggunakan Pendekatan Theory Of Planned Behavior (TPB) Dan Technology Acceptance Model (TAM)”, JR, vol. 2, no. 1, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

"Penyampaian Surat Pemberitahuan Online (eFiling)," [Online]. Available: http://www.pajak.go.id/content/penyampaian-surat-pemberitahuan-online-efiling.

S. Wiyono, "Evaluasi Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-filling sebagai Sarana Pelaporan Pajak secara Online dan Realtime," Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, vol. 11, pp. 117-132, 2008.

D. F. Dets, "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology," MIS Quarterly, vol. 13, pp. 319-339, 1989.

E. R. McLean and W. DeLone, "The DeLone and McLean Model of Information System Success," Journal of MIS, pp. 9-30, 2003.

R. Oktapiani, "Interpretasi Model Penerimaan Sistem Ujian Online Dengan Pendekatan Technologi Acceptance Model (Tam) Dan Theory Planned of Behavior (Tpb) Di Smk Pasim Plus Kota Sukabumi," SWABUMI, vol. 5, pp. 1-9, March 2017.

W. W, "Pengembangan Skala Psikologi: Lima Kategori Respons ataukah Empat Kategori Respons?," Yogyakarta, 2010.

S. P. D, Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010.

Nurhayati, "Studi Perbandingan Metode Sampling Antara Simple Random dengan Statified Random," Jurnal Basis Data, vol. 3, Mei 2008.

M. Ulum, I. M. Tirta and D. Anggraeni, "Analisis Structural Equation Modeling (SEM) Untuk Sampel Kecil dengan Pendekatan Partial Least Square (PLS)," Prosiding Seminar Nasional Matematika, November 2014.

Ghozali, Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>