Klasifikasi Kalimat Tanya Berdasarkan Taksonomi Bloom Menggunakan Support Vector Machine

Main Article Content

Zakiyah Rakhmawati
Setio Basuki
Galih Wasis Wicaksono

Abstract

Klasifikasi adalah suatu teknik dalam melakukan kategori pada dokumen yang memiliki jumlah isi dokumen sangat banyak. Pada penelitian ini mengusulkan sebuah metode yang dapat menghasilkan klasifikasi kalimat tanya sesuai dengan level untuk ranah kognitif pada Taksonomi Bloom. Proses identifikasi soal dilakukan berdasarkan ekstraksi fitur sintaktik dan Bag-of-Words (BoW). Hasil dari ekstraksi fitur tersebut kemudian akan diklasifikasikan menggunakan algoritma klasifikasi SVM.


Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan hasil klasifikasi kalimat tanya berdasarkan taksonomi bloom untuk ranah kognitif yang terbagi dalam 6 level yaitu, mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan membuat. Algoritma yang digunakan pada penelitian ini adalah Support Vector Machine (SVM). Algoritma tersebut dipilih karena mampu mengklasifikasikan data berdimensi tinggi yang dalam konteks tugas akhir ini adalah data berupa teks. Berdasarkan skenario pengujian yang sudah dilakukan, hasil rata-rata akurasi yang diperoleh pada proses pengklasifikasian kalimat menggunakan fitur sintaktik pada data uji sebesar 89.2%sedangkan untuk fitur Bag-of-Words (BoW) tingkat akurasi yang diperoleh sebesar 100%Berdasarkan hasil pengujian terhadap sistem klasifikasi yang telah dilakukan, rata-rata nilai akurasi didapatkan sangat baik, sehingga sistem dapat dikatakan atau layak untuk dikembangkan selanjutnya dengan berbagai variasi fitur atau algoritma pendukung lainnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Z. Rakhmawati, S. Basuki, and G. W. Wicaksono, “Klasifikasi Kalimat Tanya Berdasarkan Taksonomi Bloom Menggunakan Support Vector Machine”, JR, vol. 2, no. 4, Jan. 2024.
Section
Articles

References

C. H. Giani, Zulkardi, “ANALISIS TINGKAT KOGNIITF SOAL-SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM,” vol. 1, 2012.

A. Masduki. Subandriah, M.R. Irawan, D.Y. Prihantoro, “Level Kognitif soal-soal Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas VII,” 2013.

T. T. Pembelajaran, “Taksonomi Tujuan Pembelajaran Ari Widodo Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA – Universitas Pendidikan Indonesia Jl . Dr . Setiabudhi 229 Bandung Email : widodo@upi.edu September 2005 Dari penulis Furst , Hill dan Krathwohl ( 1956 ), sudah sejak lama digunak,” vol. 4, pp. 61–69, 2005.

A. H. Nasrulloh, “‘Analisis Tingkat Kognitif Tes Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (Bse) Matematika Smp/Mts Kelas IX berdasarkan Berdasarkan Taksonomi Bloom,’” 2011.

D. Wulandini, F., “A Study on Text Classification for Webmining Based Spatio Temporal Analysis of the Spread of Tropical Diseases.,” 2010.

B. Loni, “Enhanced Question Classification With Optimal Combination of Features. Delft University of Technology,” 2011.

D. Widiastuti, “Analisa Perbandingan Algoritma SVM, Naïve Bayes, dan Decission Tree dalam Mengklasifikasikan Serangan (Attack) pada Sistem Pendeteksi Intrusi,” Dwi Widiastuti, p. 3, 2007.

Internet:

A. Sudarsyah, “Manajemen Implementasi Kurikulum: Sisi Lain Ujian Nasional,” 2013. [Online]. Available: http://m.kompasiana.com/post/re ad/543693/1/sisi-l.

“Bag of words model.” [Online]. Available: http://en.wikipedia.org/wiki/Bag-of-words_model. [Accessed: 05-Dec-2014].

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>