Ekstraksi Fi'il dan Isim Pada Kaidah Nahwu Shorof Berbasis Android

Main Article Content

Galih Wasis Wicaksono
Nizarullah Himawan
Ilyas Nuryasin

Abstract

Ilmu nahwu shorof merupakan kunci yang paling utama dalam mempelajari bacaan atau memahami segala aspek yang berhubungan dengan bahasa arab.Bacaan bahasa arab akan lebih mudah dipelajari jika dilakukan pemisahan kata, salah satunya dengan ekstraksi fi'il dan isim .Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kata dasar dari bahasa arab sesuai kaidah nahwu yang diaplikasikan pada fi'il dan isim.selain itu, menormalisasikan kata dasar imbuhan depan dan belakang.Metode yang digunakan adalah metode alghoritma light stemming dengan menghilangkan imbuhan depan dan imbuhan belakang pada sebuah kata sesuai kaidah yang ditentukan.Pengujian dilakukan dengan memasukkan beberapa kalimat bahasa arab untuk mengetahui tingkat ketepatan kaidah nahwu yang sesuai dengan refrensi pakar.Pada penelitian ini tingkat keberhasilan dari 108 kata yang telah diuji tingkat ketepatan bahasa arab sesuai kaidah nahwu sebanyak 102 kata. Sehingga,ketingkat akurasi data sebesar 94% dari data yang telah diuji.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
G. W. Wicaksono, N. Himawan, and I. Nuryasin, “Ekstraksi Fi’il dan Isim Pada Kaidah Nahwu Shorof Berbasis Android”, JR, vol. 2, no. 5, Jan. 2024.
Section
Articles

References

H. Hasanuzzaman, “Arabic Language: Characteristics and Importance,” Assam Univ., vol. Volume-I, no. Issue-III, Jan 2013.

Ahmad Sehri bin Punawan, “METODE PENGAJARAN NAHWU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB,” Stain Datokarama, 2010.

Mukhlish, Dasar-Dasar Nahwu. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2007.

H.m.Ridwan, S.Sos.I, Metode Bayani cara mudah menerjemahkan dan memahami Al-quran. Jakarta Timur: CAHAYA PRESS, 2005.

Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini, ILMU NAHWU TERJEMAH MUTAMMIMAH AJURUMIYAH. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

Y. Kadri dan J.-Y. Nie, “Effective stemming for Arabic information retrieval,” in proceedings of the Challenge of Arabic for NLP/MT Conference, Londres, Royaume-Uni, 2006.

Ardiansyah Nur Hidayat, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS JAVA 2 MICRO EDITION,” Univ. MUHAMMADIYAH Surak., 2013.

N. I. Zanoon, “The Problem of Universal Grammar with Multiple Languages: Arabic, English, Russian as Case Study,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 7, no. 4, hal. 255–260, 2016.

L. S. Larkey, L. Ballesteros, dan M. E. Connell, “Improving stemming for Arabic information retrieval: light stemming and co-occurrence analysis,” in Proceedings of the 25th annual international ACM SIGIR conference on Research and development in information retrieval, 2002, hal. 275–282.

R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach, 5th ed. Boston, Mass: McGraw Hill, 2000.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>