Pengukuran Pengaruh Tantangan Pada Gim Bergenre Puzzle Dengan Metode PLS-SEM Terhadap Pembelajaran Anak

Main Article Content

Lailatul Husniah
Hardianto Wibowo

Abstract

Penelitian ini akan menjelaskan tentang pengaruh dari Gim terhadap pembelajaran, poin-poin gim yang akan dinilai pengaruhnya antara lain adalah Engagement, Immersion, Challenge, dan Skill. Data yang digunakan adalah hasil kuesioner serta nilai Try Out-UN siswa-siswi kelas 12 SMK 3 Malang. Menggunakan permainan Angry Bird, responden nantinya akan bermain selama kurang lebih 30 menit sebelum melakukan kegiatan belajar seperti biasanya. Hal ini dilakukan dalam waktu kurang lebih sekitar satu bulan. Setelah itu responden akan diminta untuk mengisi kuesioner yang nantinya akan diolah dengan metode SEM-PLS. Hasil dari pengolahan data kuesioner tersebut adalah seberapa besar pengaruh gim terhadap pembelajaran berdasarkan poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Sedangkan nilai dari Try Out dan UN digunakan untuk mengetahui besar pengaruh gim terhadap pelajaran secara keseluruhan, menggunakan metode paired t-test. Setelah melalui pengujian, hasil yang didapatkan adalah bahwa stimulus gim terhadap pembelajaran berpengaruh secara positif. Dan Engagement menjadi poin paling berpengaruh dalam penilaian prosentase yaitu 32%, disusul dengan Immersion 9.34%, Skill 6.86%, dan Challenge 2.25%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Husniah and H. Wibowo, “Pengukuran Pengaruh Tantangan Pada Gim Bergenre Puzzle Dengan Metode PLS-SEM Terhadap Pembelajaran Anak”, JR, vol. 2, no. 11, Jan. 2024.
Section
Articles

References

A. Andriasnyah, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM),” J. Ilm. Kursor, vol. 6, no. 1, pp. 81–86, 2014.

M. Rodrigues and P. Simeão Carvalho, “Teaching physics with angry birds: Exploring the kinematics and dynamics of the game,” Phys. Educ., vol. 48, no. 4, pp. 431–437, 2013.

J. Hamari, D. J. Shernoff, E. Rowe, B. Coller, J. Asbell-Clarke, and T. Edwards, “Challenging games help students learn: An empirical study on engagement, flow and immersion in game-based learning,” Comput. Human Behav., vol. 54, pp. 170–179, 2016.

M. Csikszentmihalyi, “Creativity: Flow and the psychology of discovery and invention,” 1996.

P. H. Mirvis, “Flow: The Psychology of Optimal ExperienceFlow: The Psychology of Optimal Experience, by Csikszentmihalyi Michael. New York: Harper & Row, 1990, 303 pp., $19.95, cloth.,” Acad. Manag. Rev., vol. 16, no. 3, pp. 636–640, 1991.

D. Moore-Russo et al., “A Study of How Angry Birds Has Been Used in Mathematics Education,” Digit. Exp. Math. Educ., vol. 1, no. 2–3, pp. 107–132, 2015.

D. J. Shernoff, Optimal learning environments to promote student engagement. New York, NY, US: Springer Science + Business Media, 2013.

D. KURNIANINGTYAS, “PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SISWA DI LUAR JAM PELAJARAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS,” 2016.

A. Mun’im, “Naskah masuk : 7 Desember 2011,” J. Agro Ekon., vol. 6, no. 2, pp. 41–58, 2012.

I. Pinandita, E. Purwanti, and B. Utoyo, “Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 8, No. 1, Februari 2012,” J. Ilm. Kesehat. Keperawatan, Vol. 8, No. 1, Februari 2012 perk, vol. 8, no. 1, pp. 44–56, 2012.

Y. A. R. Chriestie E J C Langi, “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan ( Paired Sample T-Test ),” Mat. Dan Apl., vol. 7, no. 1, pp. 45–47, 2018.

S. Santoso, Panduan Lengkap SPSS. Elex Media Komputindo, 2016.

B. Weaver and K. L. Wuensch, “SPSS and SAS programs for comparing Pearson correlations and OLS regression coefficients,” Behav. Res. Methods, vol. 45, no. 3, pp. 880–895, 2013.

A. Mun’im, “Analisis Pengaruh Faktor Ketersediaan, Akses, dan Penyerapan Pangan Terhadap Ketahanan Pangan di Kabupaten Surplus Pangan: Pendekatan Partial Least Square Path Modeling,” pp. 41–58, 2011.

K. Kwong-Kay Wong, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS,” Mark. Bull., vol. 24, pp. 1–32, 2013.