Penerapan Frequency, Recency, Monetery Model dan Algoritma K-Mena Pada Sistem Pengelompokan Pelanggan (Studi Kasus: PT. Ditra Manunggal Jaya)

Main Article Content

Hussin Agung Wijaya
Wildan Suharso
Yufis Azhar

Abstract


PT. Ditra Manunggal Jaya yang bergerak dalam bisni Sembilan kebutuhan pokok. Dalam proses bisnisnya PT Ditra Manunggal Jaya masih mengbungkan proses manual dengan transaksi dari pelanggan dari seluruh Indonesia, dengan permasalahan tersebut sangat tidak bisa perusahaan untuk memanajemen pelanggan. Sehingga dibutuhkan suatu sistem yang secara otomatis dapat memanjemen pelanggan. Frequency, recency and monetary model adalah suatu model yang sering diterapkan sebagai pemberian nilai ataupun bobot untuk pelanggan dari proses transaksi. Pemberian bobot yang di berikan akan dianalisa dan dikelompokkan oleh k-mean. Dari hasil analisa k mean diuji menggunakan purity dengan nilai total sebesar 0,441 . dengan pengujian  dapadari fitur pada sistem disimpulkan bahwa sistem dapat dikatakan telah berjalan dengan baik, sehingga dapat membantu staff penjualan PT Ditra Manunggal Jaya dalam memberikan pelayanan yang bai bagi para pelanggannya.


Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
H. A. Wijaya, W. Suharso, and Y. Azhar, “Penerapan Frequency, Recency, Monetery Model dan Algoritma K-Mena Pada Sistem Pengelompokan Pelanggan (Studi Kasus: PT. Ditra Manunggal Jaya)”, JR, vol. 2, no. 11, Jan. 2024.
Section
Articles

References

W. S. Dharmawan, D. Purwaningtias, and D. Risdiansyah, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop,” Penerapan Metod. SDLC Waterfall Dalam Peranc. Sist. Inf. Adm. Keuang. Berbas. Deskt., vol. 6, no. 2, pp. 159–167, 2018.

P. M. Kepegawaian et al., “Kota Yogyakarta Menggunakan Konsep Hierarchical Model View Controller Kota Yogyakarta Menggunakan View Controller,” Kota Yogyakarta Menggunakan Konsep Hierarchical Model View Controll. Kota Yogyakarta Menggunakan View Controll., vol. 6, 2019.

“PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN BIMBINGAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNY,” Pengemb. DAN Anal. KUALITAS Sist. Inf. Manaj. DAN Bimbing. SKRIPSI Mhs. Jur. Pendidik. Tek. Elektron. Fak. Tek. UNY, 2016.

F. G. john Rupilele, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Anggota Jemaat, Baptisan, dan Pernikahan Berbasis Web (Studi Kasus: Gekari Lembah Pujian Kota Sorong),” Peranc. Sist. Inf. Manaj. PELAYANAN ANGGOTA JEMAAT, BAPTISAN, DAN PERNIKAHAN Berbas. WEB (STUDI KASUS GEKARI LEMBAH PUJIAN KOTA SORONG), vol. 5, no. 2, p. 147, 2018.

W. S. Wardhono, L. P. Kusuma, W. S. Wardhono, and K. Malang, “EVALUASI USER ACCEPTANCE AUGMENTED REALITY TRIAGE MOBILE PADA SISTEM KEDARURATAN MEDIS,” Eval. USER Accept. Augment. Real. TRIAGE Mob. PADA Sist. KEDARURATAN MEDIS, vol. 6, no. 238, pp. 978–979, 2015.