Pengembangan Sistem Lective Untuk Laporan Kurikulum Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Article Content

Febri Ayu Fitriani
Gita Indah Marthasari
Galih Wasis Wicaksono

Abstract

Pengembangan sistem Lective selalu diupayakan untuk memajukan segala aspek dalam sistem pendidikan guna memudahkan proses belajar mengajar dan memberikan pelayanan. Salah satunya laporan hasil perumusan kurikulum untuk memudahkan proses identifikasi dan pengendalian oleh program studi. Laporan progres penyusunan RPS dan notifikasi dapat bermanfaat sebagai pemantauan dan mengevaluasi perkembangan atau progres penyusunan kurikulum yang dilakukan oleh masing-masing dosen pengampu mata kuliah, sehingga kinerja dosen maupun program studi lebih terkontrol. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan analisa kualitatif dan mencari pengujian solusi menggunakan proses BPI (Business Process Improvement). Pengujian dilakukan menggunakan Black Box Testing dengan menyusun skenario uji serta menerapkan pengujian fungsionalitas setelah pengembangan sistem. Hasil yang didapatkan yaitu notifikasi pada dashboard dosen berupa tanggat tenggat waktu dan nilai persentase progress kumulatif penyusunan RPS, halaman progress persentase penyusunan masing-masing dosen pengampu,  dan progress RPS seluruh dosen. Dari pengujian yang dilakukan, pengembangan sistem dikatakan tidak menggangu fungsionalitas sistem sebelumnya, namun dalam pencocokan nilai persentasi yang didapat sistem membutuhkan penggalian lebih dalam untuk sesuai dengan penilaian pakar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
F. A. Fitriani, G. I. Marthasari, and G. W. Wicaksono, “Pengembangan Sistem Lective Untuk Laporan Kurikulum Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Malang)”, JR, vol. 2, no. 11, Jan. 2024.
Section
Articles

References

H. D. F. Danang Hadi Asy’ari, Sheila Lugitha, “Jurnal Elektronik dan Buku Elektronik,” Univ. Brawijaya, pp. 3–18, 2015.

G. W. Wicaksono, H. W. Asrini, and M. A. Al-Rizki, “Desain Perangkat Pembelajaran Pendidikan Tinggi dengan Sistem Lective GegulangTM,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 4, pp. 416–422, 2017, doi: 10.22146/jnteti.v6i4.353.

G. W. Wicaksono, H. W. Asrini, and D. Iswatiningsih, “Desain Kurikulum Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang dengan tools Lective Huluakan,” Semin. Nas. dan Gelar Prod., pp. 432–440, 2017.

G. I. Marthasari and N. Hayatin, “Analisis Usability Terhadap Sistem Lective Gegulang Berbasis USE Qestionnaire,” J. Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2017.

M. A. Al-rizki, G. W. Wicaksono, and Y. Azhar, “The Analysis of Proximity Between Subjects Based on Primary Contents Using Cosine Similarity on Lective,” Kinetik, vol. 2, no. 4, p. 299, 2017, doi: 10.22219/kinetik.v2i4.271.

Menristekdikti, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, 2nd ed. Jakarta: Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2016.

H. Sofyan and A. Noviasari, “APLIKASI LAPORAN HASIL SURVEI NON SEISMIK BERBASIS WEB UNTUK KONTRAKTOR KONTRAK KERJA SAMA ( KKKS ) PADA BADAN PELAKSANA KEGIATAN USAHA HULU MINYAK DAN GAS,” vol. 2010, no. semnasIF, pp. 360–369, 2010.

P. Oktivasari and Z. F. Suhardi, “PENGEMBANGAN FITUR DOWNTIME REPORTING DAN MODUL SUMMARY PADA SISTEM MONITOR DAN PELAPORAN OPERASIONAL MESIN eCRM,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2016, doi: 10.15408/jti.v9i1.5577.

A. Afrahamiryano, “Validitas Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Kimia Dasar Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin,” J. Eksakta Pendidik., vol. 2, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.24036/jep/vol2-iss1/136.

F. Khairunnisa, “Evaluasi Komponen Kelayakan Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia: Kesesuaian Materi dengan Kurikulum,” J. Penelit. Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 4, no. 1, 2019.

L. Bariyah, “Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMP di Kabupaten Mojokerto pada Sub Materi Fotosintesis dengan Kurikulum 2013,” J. BioEdu -Berk. Ilm. Pendidik. Biol. UNESA, vol. 3, no. 3, pp. 453–460, 2014.

S. B. Utomo, “Business Process Improvement ( Bpi ) Proses Pengadaan Barang Non-Part Dengan Membangun E-Catalog ( Studi Kasus Di Pt . Tmmin ),” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. November, 2018.

M. W. Inderawati, R. Sukwadi, and H. A. Hutahaean, “Perbaikan Proses Bisnis Pengelolaan Data Penelitian pada Perguruan Tinggi: Sebuah Model Konseptual,” Mediat. J. Teknol., vol. 11, no. 1, pp. 15–21, 2016.

F. Pamungkas, T. Hariyanto, and E. Woro U, “Identifikasi Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi,” J. Kedokt. Brawijaya, vol. 28, no. 2, pp. 124–128, 2015, doi: 10.21776/ub.jkb.2015.028.02.2.

S. Nurdin, “Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi,” Murabby J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 140–147, 2019, doi: 10.15548/mrb.v1i2.305

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>