Aplikasi Rekomendasi Rumah Makan Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour Berbasis Android (Studi kasus : Kecamatan Banyuwangi)
Main Article Content
Abstract
Banyak wisatawan yang silih berganti datang ke Kota Banyuwangi untuk berwisata alam, budaya, maupun kuliner. Banyak pengusaha yang mulai menggeluti bisnis rumah makan karena banyaknya wisatawan yang datang. Semakin menjamurnya bisnis rumah makan di kota Banyuwangi membuat menu makanan yang disajikan beraneka ragam. Tentunya akan membuat kebingungan untuk memilih rumah makan mana yang ingin dikunjungi. Dari permasalahan tersebut, peneliti membuat sebuah aplikasi sistem rekomendasi untuk menentukan pencarian lokasi makan berdasarkan kategori kisaran harga, makanan berkuah, digoreng, dibakar, makanan tradisional Banyuwangi, dan lain-lain. Diimplementasikan menggunakan teknologi android yang semakin memudahkan dalam mengakses aplikasi ini. Aplikasi ini dapat mempermudah pencarian lokasi, karena adanya fasilitas Google Maps API yang dapat menunjukkan titik koordinat lokasi. Dalam penelitian ini, rekomendasi untuk mencari rumah makan akan menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN).
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
M. A. Adipradana dan A. Pertiwi, “Prototype Sistem Rekomendasi Rumah Makan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour Berbasis Web,” Univ. Dian Nuswantoro Semarang, 2015.
Arif Akbarul Huda, Bimo Sunarfri Hantono, dan Widyawan, “SISTEM REKOMENDASI RESTORAN DENGAN PENDEKATAN EKSTRAKSI FITUR RASA PADA MENU MAKANAN,” Univ. Gadjah Mada, Mar 2015.
Andy Zico Eka Prasetya Sibuea, “Sistem Rekomendasi Tempat Makan Di Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Metode Kolaboratif,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2015.
Herdi Hari Susanto, “Implementasi Sistem Rekomendasi Pariwisata Semalang Raya Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor,” Universitas Muhammadiyah Malang, 2015.
R. I. Ndaumanu dan A. M. Kusrini, “Analisis Prediksi Tingkat Pengunduran Diri Mahasiswa dengan Metode K-Nearest Neighbor,” 2014.
K. T. Martono dan O. D. Nurhayati, “Implementation of android based mobile Learning application as a flexible learning Media,” Int J Comput Sci Issues IJCSI, vol. 11, no. 3, hal. 168, 2014.
Mochamad Syamsul Ramdhani, “Sistem Informasi Geografis Merchant Bank Bni Kanwil Jawa Barat Berbasis Android,” Universitas Widyatama Bandung, 2016.
Svennerberg Gabriel, Beginning Google Maps API 3. United States of America, 2010.
S. W. Kusumaningati, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KARTU MENUJU SEHAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGELOLAAN POSYANDU SECARA DIGITAL,” PhD Thesis, UNY, 2015.
Chasseur, Craig., Li, Y. dan Patel, Jm, “Enabling JSON Document Stores in Relational Systems,” Sixt Int Workshop Web Databases, 2013.