Evaluasi E-learning dimasa Pandemi COVID-19 dengan menggunakan End-User Computing Satisfaction (Studi Kasus MTsN 4 Malang, Harjokuncaran, Sumbermanjing Wetan)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengevaluasi performa dari E-Learning Madrasah yang diterapkan oleh MTsN 4 Malang selama masa pandemi COVID-19 dan memberikan rekomendasi penggunaan dari hasil evaluasi yang dilakukan. penelitian ini menggunakan metode end user computing satisfaction dalam mendapatkan data untuk mengukur performa sistem E-learning madrasah yang diterapkan. Dalam penelitian ini, Sebanyak 101 responden yang merupakan peserta didik MTsN 4 Malang dari kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 berdasarkan teknik pengambilan sampel purposive sampling berpartisipasi dalam pengisian instrumen penelitian. 30 responden merupakan peserta didik kelas 7 atau sebesar 29,7%, 35 responden (34,7%) dari peserta didik kelas 8, dan peserta didik kelas 9 sebanyak 36 responden (35,6%). Seluruh responden merupakan peserta didik aktif tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 4 dari 5 aspek yang terdapat pada metode EUCS (Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness) masih dapat ditingkatkan agar peserta didik mampu dengan baik melakukan aktifitas belajar walaupun dilakukan secara daring. rekomendasi yang diberikan kepada pihak sekolah berdasarkan panduan pelaksanaan PJJ dari kemendikbud.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Infografis COVID-19 (23 September 2020) - Berita Terkini | Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 [Internet]. [cited 2020 Sep 25]. Available from: https://covid19.go.id/p/berita/infografis-covid-19-23-september-2020
Kemendikbud. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID- 19) [Internet]. 4 Indonesia; 2020 p. 1–3. Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Wasyik T, Hamid A. Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19 di Sanggar Tahfidz Enterpreuner Krian Sidoarjo. Dudeena. 2020;4(1):13–24.
Syahfitri R, Sari DP, Wahyuni A, Fatimah S, Setiawan HR. Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di masa Pandemi Covid-19. Al-Ulum J Pendidik Islam. 2020;I(1):44–54.
Dea C dewi R. Pengaruh Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Dengan Metode End User Computing Satisfaction Terhadap Kinerja Individu Pengguna Sistem. 2013;
Nicholson P. A History of E-Learning. In: Computers and Education [Internet]. Dordrecht: Springer Netherlands; 2007. p. 1–11. Available from: http://link.springer.com/10.1007/978-1-4020-4914-9_1
Weaver D, Spratt C, Nair CS. Academic and student use of a learning management system: Implications for quality. Australas J Educ Technol. 2008;24(1):30–41.
Doll WJ, Torkzadeh G. The Measurement of End-User Computing Satisfaction End-User Satisfaction The Measurement of End-User Computing Satisfaction Professor of MIS and Strategic Management The University of Toledo Gholamreza Torkzadeh Assistant Professor of Information Systems. Source MIS Q [Internet]. 1988;1213512(2):259–74. Available from: http://www.jstor.org/stable/248851%0Ahttp://www.jstor.org/page/info/about/policies/terms.jsp%0Ahttp://www.jstor.org
Doll WJ, Raghunathan TS, Lim JS, Gupta YP. A confirmatory factor analysis of the user information satisfaction instrument. Inf Syst Res [Internet]. 1995;6(2):177–88. Available from: http://www.jstor.org/stable/249524
Rai N, Thapa B. A study on purposive sampling method in research. Kathmandu Kathmandu Sch Law [Internet]. 2015;1–12. Available from: http://www.academia.edu/28087388
Hidayat A. Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel. Statistikian. 2017.
Setiawan N. Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Disk Ilm Jur Sos Ekon Fak Peternak UNPAD. 2007;(November). Kemendikbud. Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) 2020 p. 1–16.