Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Hidroponik Berbasis Website Desa Rengel Kabupaten Tuban

Main Article Content

M. Isnainur Hidayatullah
Ilyas Nuryasin
Gita Indah Marthasari

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada petani hidroponik Desa Rengel Kabupaten Tuban. Laporan ini diambil dengan judul “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Hidroponik Berbasis Website Desa Rengel Kabupaten Tuban”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RAD (Rapid Application Development). Metode ini dapat dikembangkan sebagai pendekatan yang sangat cocok untuk aplikasi penjualan. Penelitian dilakukan bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi penjualan hidroponik di Desa Rengel Kabupaten Tuban dan untuk membantu manajamen petani dalam menyediakan penjualan. Pembuatan aplikasi penjualan berbasis web dirancang menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL, sebagai media pembuatan database serta framework CodeIgniter untuk desain tampilan aplikasi dan Metode Blackbox Testing untuk melakukan pengujian pada system aplikasi tersebut. Dengan demikian hasil dari penelitian ini adalah aplikasi penjualan yang digunakan guna melakukan transaksi penjualan, pembelian dan pencatatan laporan penjualan yang lebih efisien, tertata dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. I. Hidayatullah, I. Nuryasin, and G. I. Marthasari, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Hidroponik Berbasis Website Desa Rengel Kabupaten Tuban”, JR, vol. 5, no. 3, Jan. 2024.
Section
Articles

References

N. D. Prasetyo, D. Supratman, W. A. H. Fauzi, and S. Murti, “Perancangan Sistem Informasi E-Farming Berbasis Web untuk Mengetahui Tingkat Kelayakan Panen pada Sektor Pertanian,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., pp. 7–12, 2016,

Wirapraja, Alexander, and H. Aribowo, "Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis." Teknika., vol.7, no.1, pp. 66-72, 2018.

Santoso, W. Resdiana, and D. A. M. Arief, Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Hasil Pertanian Berbasis Web Studi Kasus Kabupaten Bandung, J. Tek. Inform., vol. 12, no. 2, pp. 15–21, 2020.

Sarwindah, Laurentinus, O. Rizan, Hamidah, Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi, Jurnal Teknologi Terpadu., vol.7, no.2, pp. 65-69, 2021.

N. Aini, S. A. Wicaksono, and I. Arwani, "Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada: SMK Negeri 11 Malang)." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e- ISSN 2548., pp. 964X, 2019.

Ni'matuzahroh, and S. Prasetyaningrum, Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi, Vol. 1, UMMPress, 2018.

R. A. Fadhallah, Wawancara. UNJ PRESS, 2021.

Kendall, E. Kenneth and Julie E. Kendall, System Analysis and Design Eighth Edition, New Jersey, Pearson, 2011.

V. Herlina. Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo, 2019.

A. Khairunnisa, Implementasi Sistem Informasi Jasa Sewa Mobil Pada Yaho Rent Car Berbasis Android, Diss. UNISNU Jepara, 2020.

S. Susilowati, & M. T. Negara, Implementasi model rapid aplication development (RAD) dalam perancangan aplikasi e-marketplace, Techno Nusa Mandiri, Journal of Computing and Information Technology, vol. 15, No.1, pp. 25-30, 2018.

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>