Analisis Dan Implementasi Protokol Next Steps In Signaling (NSIS) dan Resource Reservation Protocol (RSVP) Untuk Layanan Video Streaming

Main Article Content

Dedi Purniawan
Diah Risqiwati
Zamah Sari

Abstract

Dewasa ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi audio dan Video Streaming dalam kehidupan sehari-hari. Video Streaming dapat dijadikan untuk berbagai kegiatan seperti pendidikan jarak jauh ataupun sebagai sarana monitoring. Namun, agar dapat mengakses video yang diinginkan, diperlukan resource yang lumayan besar supaya video bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu diperlukan sebuah treatment khusus agar video bisa berjalan baik meskipun dengan resource yang hanya terbatas. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisa perbandingan dari protokol Next Steps In Signaling (NSIS) dan Resource Reservation Protocol (RSVP) pada layanan video streaming, yang merupakan protokol persinyalan untuk kedua protokol tersebut. Pengujian akan dilakukan dengan melakukan streaming video dari client ke server dengan melewati protokol NSIS dan RSVP untuk mengukur QoS seperti Throughput, Delay, Packet Loss, dan Jitter. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa protokol NSIS lebih baik dalam segi QoS dibandingkan protokol RSVP. Hasil perhitungan QoS dari perbandingan antara protokol NSIS dengan RSVP menunjukkan rata-rata nilai yang dihasilkan bergantung dari banyaknya paket yang dikirim, besarnya beban paket, dan juga spesifikasi dari komputer yang digunakan oleh client.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Purniawan, D. Risqiwati, and Z. Sari, “Analisis Dan Implementasi Protokol Next Steps In Signaling (NSIS) dan Resource Reservation Protocol (RSVP) Untuk Layanan Video Streaming”, JR, vol. 4, no. 1, Feb. 2024.
Section
Articles

References

Al-Auladi, Habib. 2017. Optimalisasi Performansi Video Streaming Dengan Menggunakan Protokol Next Steps In Signalling. Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang.

Agil, Tri Pribadi. 2014. Implementasi Resource Reservation Protocol (RSVP) untuk Video On Demand Streaming. Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Malang.

Sangsari, Anisa. 2016. Analisis QoS (Quality of Service) Pada Layanan Video Streaming Yang Menggunakan Protokol RTMP (Real Time Messaging Protocol). Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika, Universitas Halu Oleo.

Wibowo, Dega Surono. 2007. Implementasi Video On Demand Dengan Menggunakan Aplikasi Windows Media Service Versi 9.0. Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Elektro Undip,

Fadhilah, Nurul. 2018. Analisa Performansi QoS Layanan Video Streaming Pada Jaringan MPLS-DIFFSERV Dan MPLS-INTSERV. Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Djayoon, Mayi Zoumaro. 2005. Next Step In Signaling Transport Protocol/General Internet Signaling Protocol (NTLP/GIST). Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Elektro dan Komputer, Universitas Twente.

Hidayanto, Muhammad Bambang. 2013. Analisis Implementasi Quality Of Service (QoS) Berbasis Protokol RSVP Dan Jaringan MPLS pada Jaringan IMS. Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika, Universitas Telkom.

Mehmood, Tahir dan Sathiamoorthy Manoharan. 2013. NSIS Extensions: An End-to-End QoS Aware Signaling Protocol for NGN. Jurnal Internasional Tentang Teori Dan Teknik Komputer,

Firmansyah, Panji dan Naemah Mubarakah. 2015. Analisis Jaringan RSVP Menggunakan Simulator Opnet. Departemen Teknik Elektro, Program Studi Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Abdelkarim, Taam. dkk. 2013. NSIS-based Quality of Service Management in IMS Network. Jurnal Internasional Aplikasi Komputer, Fes-Maroc.

Perdana, Kevin Krisna. dkk. 2010. Analisis Kinerja Protokol RSVP (Resouce Reservation Protocol) Untuk Layanan Data Jaringan Mobile Wimax (IEEE 802.16E). Tesis tidak diterbitkan, Tugas Akhir Program Studi Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom.

Klaver, Ruud. 2007. Using NSIS (Next Steps in Signaling) For Support of QoS Aware Multimedia Service. Netherlands, Universitas Twente.

Manner, J. 2010. NSIS Signaling Layer Protocol (NSLP) for Quality-of-Service Signaling, Universitas Twente.

Arif Widodo, Bongga. 2018. Analisis Quality of Service Pemanfaatan Ethernet Over IP(EoIP) Tunnel di MikrotikRouterOS dengan Routing Protocol OSPF. Purwokerto, Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Elektro, Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Tschofenig, Hannes dan Xiaoming Fu. 2005. Securing The Next Steps in Signaling (NSIS) Protokol Suite. Universitas Gottingen.

Wiratama, Adel. dkk. 2008. Analisis Performansi Video Conference Menggunakan Protokol RSVP (Resource Reservation Protokol) Pada Jaringan Wireless (Performance Analysis of Video Conference Using RSVP (Resource Reservation Protokol) In Wireless Network). Tugas Akhir Program Studi Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>