Analisis Risiko Pemasangan Pipa Baja Pada PT Bali Graha Surya

Authors

  • Fitria Devi Anggraini
  • Ni Luh Put Hariastuti

DOI:

https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol14.No2.146-159

Keywords:

Risk, Health and Safety, Risk Management.

Abstract

Risiko menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap aktivitas perusahaan sehingga cara terbaik yang dapat dilakukan adalah mengantisipasi dan melindungi diri terhadap risiko. Permasalahan yang terjadi pada PT BALI GRAHA SURYA adalah pada proses welding dan welding inspection, stringing pipa, dan trenching pipa di mana risiko yang terjadi memengaruhi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) karyawan dan juga memengaruhi lama waktu penyelesaian proyek. Dalam penelitian ini digunakan konsep manajemen risiko untuk menganalisis risiko operasional, di mana konsep tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi, mengawasi, dan mengkomunikasikan kejadian risiko yang berhubungan dengan segala aktivitas yang terjadi di perusahaan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa risiko yang ada pada proses welding dan welding inspection adalah risiko terbakar, bahaya sinar UV dari pengelasan, bahaya panas, bahaya percikan api las, kejatuhan pipa dan tersetrum mesin las dengan total indeks risiko sebesar 9,324. Stringing pipa memiliki risiko tertimpa dan terjepit pipa dengan total indeks risiko sebesar 8,481 dan Trenching pipa memiliki risiko tanah longsor pada bantaran dengan total indeks risiko sebesar 8,092. Tindakan untuk penanganan risiko tersebut adalah dengan mewajibkan pekerja menggunakan APD, memeriksa semua kondisi isolasi untuk mengetahui kondisi alat yang akan digunakan, bekerja sesuai dengan SOP, memasang dinding pengaman galian, dan penempatan tanah bekas galian minimal 1 meter dari bibir galian.

Kata Kunci : Risiko, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Manajemen Risiko.

ABSTRACT 

The risk is a common part in every business process of any corporation, so anticipation and protection are the best action to overcome it. In PT BALI GRAHA SURYA, the problems often happen in the welding process and inspection, stringing pipe and pipe trenching where its risk affects the safety & health of labor and the time completion of project. This research adopts risk management concept to analyze the operational risk where that concept aims to identify, monitor, and communicate the risk events associated with all the activities, functions or processes that occur in the company.   The result shows that the risks occurred in the welding process and inspection are fire hazards, UV rays from welding hazards, thermal hazards, welding sparks, pipe collapse and electric shock. Those risks count total risks index 9,324. For stringing-pipe task, the risks such as crushed and wedged by pipelines count total risks index 8,481. Trenching pipelines task counts total risk index 8,092 caused by landslides in the riverbank. The risks management effort can be performed by requiring workers to use appropriate personal protective equipment, inspecting all insulation conditions in order to determine the condition of the tool to be used, working in accordance with the SOP, installing excavation security wall, and placing ex- excavation at least 1 meter away from the edge of excavation.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06/27/2014

How to Cite

Devi Anggraini, F., & Hariastuti, N. L. P. (2014). Analisis Risiko Pemasangan Pipa Baja Pada PT Bali Graha Surya. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 146–159. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol14.No2.146-159

Issue

Section

Article