Analisis Perbandingan Usability dan User Experience Terhadap E-Trust Pada Situs Ecommerce C2C Menggunakan Heart Dan Pulse Framework

Main Article Content

Ovan Septian
Wahyu Andhyka Kusuma
Evi Dwi Wahyuni

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah toko online salah satunya adalah kepercayaan. Dimana kepercayaan akan dapat membangun customer relation management atau relasi pengguna sebuah toko online. Kepercayaan pengalaman pengguna menjadi faktor yang harus di penuhi yang akan menjadi 2 hal yang berkaitan. Pada penelitian ini toko online yang di analisa merupakan tokopedia dan bukalapak. Untuk pegukuran kepercayaan dalam penggunaan toko online di ukur dengan pendekatan dari metode Heart and Pulse engan beberapa modifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan yang melaporkan studi empiris untuk mengidentifikasi faktor yang berkontribusi pada pengalaman positif situs belanja online dalam hal tingkat kepercayaan. Responden berjumlah 100 yang merupakan pengguna dari kedua e-commerce tersebut. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah Teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan uji hipotesis termasuk uji parsial(t), uji simultan(F), dan koefisien determinasi ( ). Hasil analisis dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa variabel keuntungan sama-sama berpengaruh positif terhadap kepercayaan di kedua e-commerce tersebut. edua, variabel effisiensi, kebahagiaan, dan kecepatan tidak berpengaruh positif terhadap tingkat kepercayaan di kedua e-commerce tersebut pengujian dengan uji f di kedua e-commerce berpengaruh positif dan yang unggul adalah bukalapak. hasil Adjust R Square menunjukkan bahwa hasil pengukuran di ke dua situs tersebut memiliki nilai sebesar 49,3% (tokopedia) & 78,3% (bukalapak), menunjukkan bahwa hasil pengukuran usability dan user experience dari bukalapak lebih unggul di bandingkan dengan tokopedia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
O. Septian, W. A. Kusuma, and E. D. Wahyuni, “Analisis Perbandingan Usability dan User Experience Terhadap E-Trust Pada Situs Ecommerce C2C Menggunakan Heart Dan Pulse Framework”, JR, vol. 1, no. 1, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

P. Mahir, “Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia” MODUS Vol.27 (2): 163-174 ISSN 0852-1875, 2015.

Irawati, Dewi, “Pemanfaatan E-COMMERCE Dalam Dunia Bisnis”, Palembang : Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI, 2011.

Kerry Rodden, Hilary Hutchinson, and Xin Fu. GOOGLE. .Measuring the User Experience on a Large Scale: User-Centered Metrics for Web Applications, USA.

P. N. Lestari, P. I. Santosa & R. Ferdiana. “Pengukuran Pengalaman Pengguna dalam Menggunakan Sistem Informasi Akademik”. SENTIKA (Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi), ISSN: 2089-9815, 2016.

P. I. Santosa, “Measuring User Experience In An Online Store Using Pulse And Heart Metrics”, Jurnal Ilmiah KURSOR Menuju Solusi Teknologi Informasi Vol.7,NO.3, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2009.

S. Janti,"Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen".Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 2014, ISSN: 1979-911X.

W. Yudhi.2016.” Pengaruh Usability Factor Website E Commerce Model B2c Terhadap Kepercayaan User ”. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 8, NO. 2, 2016

Siagian & Cahyono, “Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2, ISSN 1907-235X, 2014.

Ronald, Chynthia, Agung. 2016. “User Experience Pada Situs E-Commerce Sebuah Studi Komparasi Antara B2c Dan C2c”, Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNTS) II, 2016.

V. Agustina, “Analisis Pengaruh E-Trust dan EService Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna C2C E-Commerce Tokopedia)”, Vol 1, Nomor 1. 2012

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>