Rancang Bangun Sistem Dashboard Akreditasi Program Studi (APS) Standar 5 Berbasis KPI

Main Article Content

Hariyady Hariyady
Amalia Pradya Paramita
Wahyu Andyhika Kusuma

Abstract

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi sendiri adalah memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT. Agar dapat memonitoring dan mengevaluasi seluruh kegiatan untuk mencapai nilai akreditasi yang diharapkan, maka diperlukan aplikasi manajemen yang mampu mengintegrasikan keseluruhan isi data pendukung salah satu bentuk visualisasi yang dapat menggambarkannya adalah sistem dashboard. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Sistem Informasi Manajemen Akreditasi dengan penampilan dashboard di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang yang berbasis web. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan HTML, PHP, dan Framework Codeigniter dengan menggunakan format penyimpanan MySQL sebagai database. Metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah model pengembangan Spiral. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dashboard dapat memberikan gambaran tentang posisi nilai akreditasi Universitas, Fakultas dan Prodi, sehingga pihak dari masing – masing managemen Universitas, Fakultas dan Prodi dapat mengambil tindakan untuk mempersiapkan dan memperbaiki nilai untuk menghadapi penilaian akreditasi ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Hariyady, A. P. Paramita, and W. A. Kusuma, “Rancang Bangun Sistem Dashboard Akreditasi Program Studi (APS) Standar 5 Berbasis KPI”, JR, vol. 2, no. 1, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

BAN-PT, “Ban-pt akreditasi institusi perguruan tinggi,” Standar dan Prosedur, 2008.

BAN-PT, “Akreditasi Institusi Perguruan,” Naskah Akad., 2008.

A. A. Raditya, “Natural language grammars for an information system,” Sist. dashboard untuk Persiapan Akreditasi Progr. Stud. Sarj. Berdasarkan Stand. BAN-PT, vol. 8, no. 1, pp. 871–882, 2016.

T. W. Soerjaningsih, “Peningkatan mutu proses Perguruan Tinggi melalui sistem mutu ISO 9000,” J. Winners, vol. 5, no. 2, pp. 79–89, 2004.

BAN-PT, “Akreditasi Institusi Perguruan,” in Standar dan Prosedur, 2011.

F. C. Saputro, W. Anggraeni, and A. Mukhlason, “Pembuatan Dashboard Berbasis Web Sebagai Sarana Evaluasi Diri Berkala untuk Persiapan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi,” J. Tek. ITS, vol. 1, pp. 3–8, 2012.

Ilhamsyah, “Perancangan Model Dashboard Untuk Monitoring Evaluasi Mahasiswa,” Peranc. Model dashboard untuk Monit. Eval. Mhs., vol. 2, no. 1, pp. 13–17, 2017.

Adianto, “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Performance Prism dan Scoring Objective Matrix (OMAX) pada PT. BPAS,” Anal. Pengukuran Kinerja Perusah. Dengan Metod. Perform. Prism dan Scoring Object. Matrix Pada PT. BPAS, vol. 18, pp. 61–70, 2014.

Budi and dkk, “Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak,” Teknika, vol. 5 no 1, no. November, pp. 25–26, 2016.

Migunani, “Microsoft Solution Framework sebagai Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Milestone, Tinjauan pada Fase Envisioning dan Planning,” Teknol. Inf. Din., vol. 12, no. 2, 2007.

Most read articles by the same author(s)