Rancang Bangun Aplikasi Bus Trans Jogja Menggunakan Location Based Service Pada Perangkat Mobile Studi Kasus : (Bus Trans Jogja)

Main Article Content

Prasetyo Budi Yulistanto
Hariyady Hariyady
Aminuddin Aminuddin

Abstract

Trans Jogja merupakan sistem transportasi bus yang melayani rute perjalanan seputar Kota Yogyakarta. Sistem ini mulai dioperasikan pada awal maret 2008 oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Industri transportasi untuk saat ini mengalami perkembangan pesat terutama pelayanan tehadap penumpangnya. Namun pada penerapan sistem ini muncul permasalahan seringnya keterlambatan kedatangan armada bus serta penumpang tidak mengetahui dimana saja letak halte. Dari permasalahan diatas, peneliti membuat sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para penumpang. Dengan perkembangan teknologi Location Based Service yang mampu memberikan layanan untuk mengetahui keberadaan dari suatu armada bus maupun halte. Aplikasi ini terintegrasi dengan layanan Google Maps untuk mengetahui antara pengguna dengan posisi armada bus dan halte. Untuk mengetahui posisi pengguna secara realtime dengan memanfaatkan teknologi Global Positioning System yang ada pada smartphone android.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
P. B. Yulistanto, H. Hariyady, and A. Aminuddin, “Rancang Bangun Aplikasi Bus Trans Jogja Menggunakan Location Based Service Pada Perangkat Mobile Studi Kasus : (Bus Trans Jogja)”, JR, vol. 2, no. 2, Jan. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

“TRANS JOGJA Bus Umum yang Aman, Nyaman, dan Terjangkau.” [Daring]. Tersedia pada: https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-transportation/public/trans-jogja/. [Diakses: 11-Mar-2017].

M. Fowler, UML distilled: a brief guide to the standard object modeling language, 3rd ed. Boston: Addison-Wesley, 2004.

Raharjo, Novi Rosiana (2011) Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Citra Trans-Jogja.

Singhal Manav dan Shukla Anupam, “Implementation of Location based Services in Android using GPS and Web Services,” Int. Comput. Sci. Issues, vol. 9, no. 1, hlm. 2, Jan 2012.

K. T. Martono dan O. D. Nurhayati, “Implementation of android based mobile Learning application as a flexible learning Media,” Int J Comput Sci Issues IJCSI, vol. 11, no. 3, hlm. 168, 2014.

S. Tao, V. Manolopoulos, S. Rodriguez, dan A. Rusu, “Real-Time Urban Traffic State Estimation with A-GPSMobile Phones as Probes,” J. Transp. Technol., vol. 2, hlm. 22–31, 2012.

Chasseur, Craig., Li, Y. dan Patel, Jm, “Enabling JSON Document Stores in Relational Systems,” Sixt. Int. Workshop Web Databases, hlm. 2013.

Madcoms, Adobe Dreamweaver CS6 dengan pemrograman PHP dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.

Svennerberg Gabriel, Beginning Google Maps API 3. United States of America, 2010.

El-Rabbany Ahmed, Introduction to GPS The Global Positioning System.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>