Sistem Informasi Pencarian Barang Hilang "Lost & Found" Pada Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang
Main Article Content
Abstract
Lost and Found merupakan suatu metode yang digunakan untuk melakukan proses pencarian barang hilang dan ditemukan. Kehilanganxadalahxsuatuxkeadaan dimana seseorang memiliki sesuatuxyangxsebelumnyaxada menjadi tidak ada. Kehilanganxbarang di Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang merupakanxhalxyangxsudahxseringxterjadi karena memiliki mahasiswaxyang sangat banyak dan lokasi yang sangat luas. Mahasiswa yang mengalami kehilangan barang cenderung menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi kehilangan. Namun cara tersebut dianggap kurang efektif karena penyebaran informasi tidak terpusat dan hanya tertuju dengan beberapa orang saja sehingga pembangunan sistem informasi pencarian barang hilang “Lost and Found” sangat membantu dan mempermudah mahasiswa dalam mencari barang hilang dan menyebarkanb informasi. Website ini mampu melakukan proses pencarian barang dengan menggunakan kata kunci barang serta lokasi kehilangan atau penemuan barang menggunakan metode cosine similarity sehingga informasi yang didapatkan dapat lebih cepat dan akurat. Berdasarkan pengujian kepada 100 responden secara acak, didapatkan hasil sebesar 77,8 % dan dapat dikatakan bahwa website yang sudah dibangun ini sudah diterima atau layak bagi pengguna.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
A. R. I. Muzakir, “Implementasi Manajemen Perpustakaan menggunakan Framework Implementasi Manajemen Perpustakaan menggunakan Framework Codeigniter ( CI ) Dengan Teknik Hierarchical model – view – controller Abstrak,” no. May 2014, 2016.
A. Wantoro, “Prototype Aplikasi Berbasis Web Sebagai Media Informasi Kehilangan Barang,” vol. 12, no. 1, pp. 11–15, 2018.
P. S. Informatika, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENCARIAN BENDA HILANG „ LOST AND FOUND ‟ BERBASIS WEBSITE DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA Dedi Arief Wibisono , Diah Priharsari , ST ., MT , Adharul Muttaqin , ST ., MT.
A. R. Lahitani, A. E. Permanasari, and N. A. Setiawan, “Cosine similarity to determine similarity measure: Study case in online essay assessment,” Proc. 2016 4th Int. Conf. Cyber IT Serv. Manag. CITSM 2016, 2016.
O. Nurdiana, Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur‟an Dalam Bahasa Indonesia,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, pp. 59–63, 2016.
Y. E. Fisabilillah, R. Cahyana, J. Algoritma, S. Tinggi, T. Garut, and A. J. Sosial, “Rancang bangun aplikasi jejaring sosial untuk berbagi informasi kehilangan,” pp. 1–7.
D. S. Budi, “Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak,” vol. 5, no. November, pp. 24–31, 2016.
S. Aswati et al., “STUDI ANALISIS MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM.”
F. Teknik, P. Studi, T. Informatika, and U. P. Batam, “ANALISIS MODEL VIEW
CONTROLLER ( MVC ) PADA,” vol. 2, no. 2, pp. 56–66.
A. Hendini, “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang ,” vol. IV, no. 2, pp. 107–116, 2016.