Game Edukasi Pengolahan Limbah Tepung Mocaf Singkong "Ayo Bersihkan Limbah"

Main Article Content

Nurwisnu Warasih Al-Kahfie
Eko Budi Cahyono
Wildan Suharso

Abstract

Singkong merupakan salah satu makanan kaya akan karbohidrat, selain itu terdapat kandungan gizi seperti protein, vitamin C, kalori, lemak.pemanfaatan singkong lebih ke sumber pangan ada bagian lain dari singkong yang penggunaanya belum termanfaatkan secara optimal. Dari produksi yang begitu banyak dihasilkan berupa limbah cair hasil dari olahan tepung mocaf dari singkong dan pembuatan beras mocaf dari singkong. Air buangan limbah bila langsung dibuang akan mencemari lingkungan dan menghasilkan bau dari mikroba yang mati, namun limbah masih bisa dimanfaatkan menjadi pupuk. Telah dibentuk 6 tim untuk membantu penelitian terebut yang memiliki tugas berbeda-beda salah satunya Game edukasi pengolahan limbah tepung mocaf singkong “Ayo Bersihkan Limbah” dengan metode GDLC (Game Development Life Cycle) dengan genre simulasi dimana game ini mengajarkan cara pengolahan limbah tepung mocaf menjadi pupuk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. W. Al-Kahfie, E. B. Cahyono, and W. Suharso, “Game Edukasi Pengolahan Limbah Tepung Mocaf Singkong ‘Ayo Bersihkan Limbah’”, JR, vol. 2, no. 4, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Elvina Novyanti Pulungan, Albiner Siagian, and Ernawati Nasution“Uji Daya Terima Dan Nilai Gizi Brownies Singkong”

P. Limbah and C. Mocaf, “APLIKASI EM4 ( Effective Microorganism ) DALAM PENGOLAHAN LIMBAH CAIR MOCAF ( Modified Cassava Flour ),” vol. 4, 2013.

A. Subagio, W. Siti, and D. Hermanuadi, Pengembangan zero waste processing dari modified cassava flour ( MOCAF ) guna meningkatkan spinoff klaster kepada masyarakat sekitar [ Development of zero waste processing of modified cassava flour ( MOCAF ) to increase the spinoff of the clusters to comm, no. September. 2011.

Santoso Budi. “Proses Pengolahan Air Buangan Industri Tapioka,” pp. 1–13, 1993.

P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, and U. M. Malang, “Pelaku Usaha Berbahan Baku Ubi Kayu,” pp. 387–393, 2016.

Daniel Hartono, Clarissa, and Margaretha Lamaranti“Perancangan Aplikasi Game Edukasi Advanture Puzzle CHEMICAL PANIC Berbasis Android,” 2014.

E. S. Kw et al., “Pembuatan Game Simulasi Perkebunan , Peternakan dan Interaksi Sosial,” pp. 1–4.

R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” 2013 Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst., no. September 2013, pp. 95–100, 2013.

A. D. Wulandari, “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Marker XP Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang,” Game Edukatif Sej. Komput. Menggunakan Role Play. Game Marker XP Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang, 2012.

Subagio, Achmad “Pengembangan Zero Waste Processing Dari Modified Cassaa Flour (MOCAF) Guna Meningkatkan Klaster Kepada Masyarakat Sekitar,” no. April, pp. 3–5, 2011.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>