Game Pembuatan Beras Mocaf Berbahan Dasar tepung Mocaf "Beras Mocaf, Let's Do It"
Main Article Content
Abstract
Indonesia merupakan daerah tropis yang kaya akan hasil sumber daya alam. Salah satu hasilnya adalah umbi-umbian seperti singkong. Masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa singkong dapat diolah menjadi beras yang dikenal dengan beras analog yang merupakan beras tiruan berbahan dasar selain beras dan terigu. Telah dilakukan penelitian terhadap klaster industry kecil pengolahan ubi kayu dan klaster industry pengolahan tepung mocaf, yang bertujuan untuk membantu mengembangkan model jaringan bisnis social dan pengembangan prototip teknologi jaringan bisnis sosial pelaku usaha berbahan baku ubi kayu di desa Tirtoyudo Kecamatan Tirtoyudo kabupaten Malang. Telah dibentuk 6 tim untuk membantu penelitian tersebut yang memiliki tugas masing-masing salah satunya Game pembuatan beras mocaf berbahan dasar tepung mocaf, game ini menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Hasil dari game bergendre simulasi ini dapat membantu pola pikir masyarakat dalam memahami dan mengetahui setiap proses cara pengolahan beras mocaf berbahan dasar tepung mocaf.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Elvina Novyanti Pulungan, Albiner Siagian, and Ernawati Nasution, “Uji Daya dan Nilai Gizi Brownies Singkong”.
Muhammad Thamrin, Ainul Mardhiyah, and Samsul Marpaung, “Analisis Usaha Tani Ubi Kayu” vol. 18, no. 1, pp. 57–64, 2013.
S. Sunarsi, M. S. A, S. Wahyuni, and W. Ratnaningsih, “Memanfaatkan Singkong Menjadi Tepung Mocaf untuk Pemberdayaan Masyarakat Sumberejo,” no. 1, 2011.
S. S. Yuwono and A. Ad, “FORMULASI BERAS ANALOG BERBASIS TEPUNG MOCAF DAN MAIZENA DENGAN PENAMBAHAN CMC DAN TEPUNG AMPAS TAHU Formulation of Analogue Rice Based Mocaf and Maizena Flour with Addition CMC and Tofu Waste Flour,” vol. 3, no. 4, pp. 1465–1472, 2015.
P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, and U. M. Malang, “PELAKU USAHA BERBAHAN BAKU UBI KAYU,” pp. 387–393, 2016.
E. S. Kw et al., “Pembuatan Game Simulasi Perkebunan , Peternakan dan Interaksi Sosial,” pp. 1–4.
A. D. Wulandari, “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Marker XP Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang,” Game Edukatif Sej. Komput. Menggunakan Role Play. Game Marker XP Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang, 2012.
G. Edukasi, B. Android, S. Media, and P. Untuk, “GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI,” vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016.
A. E. Siswojo, P. Desain, K. Visual, F. I. Kreatif, U. Telkom, and G. Simulasi, “PERANCANGAN GAME SIMULASI “ SAPI KERAP SEBAGAI UPAYA REVITALISASI BUDAYA KERAPAN SAPI ‘ SAPI KERAP ’ SIMULATION GAME DESIGN AS AN EFFORT TO REVITITALIZE THE KERAPAN SAPI CULTURE.”
A. V. Games, “Game development life cycle guidelines,” no. September 2013, 2016.