Pembuatan Roti Berbahan Dasar Tepung Mocaf "COOKING MOCAF"

Main Article Content

Tino Firmansyah
Eko Budi Cahyono
Wildan Suharso

Abstract

Roti merupakan makanan yang sering dikonsumsi di Indonesia. Bahan dasar dalam pembuatan roti tersebut berupa tepung terigu yang terbuat dari bahan baku dari gandum, sedangkan budidaya gandum di Indonesia belum ada, oleh Karena itu tepung mocaf adalah peluang besar untuk bahan dasar sebagai pengganti gandum tersebut dan di Indonesia sangat lah mudah dalam mebudidayakan singkong tersebut. Melihat kondisi ini maka harus dilakukan pengenalan sistem atau pendekatan kepada masyarakat berupa game edukasi. Game edukasi sendiri merupakan game yang mendidik bagi para penggunanya yang bertujuan membuat permainan tidak jenuh dan tidak membosankan, Dengan harapan game edukasi ini bisa membantu dalam pola pikir masyarakat dalam hal memahami dan mengetahui cara pengolahan roti menggunakan tepung mocaf.


Dengan melihat perkembangan ini diharapkan tepung mocaf bisa dijadikan bahan pengganti sebagai bahan dasar pembuatan roti. Dengan melihat peluang ini sehingga bisa membantu masyarakat untuk lebih mengenal tepung mocaf dan bagaimana cara membuat tepung mocaf tersebut menjadi bahan pangan olahan roti dengan cara membuat pemecahan masalah tersebut dengan membuatkan game edukasi sebagai alat bantu untuk mengenalkan tepung mocaf bisa dijadikan bahan baku sebagai pembuatan roti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Firmansyah, E. B. Cahyono, and W. Suharso, “Pembuatan Roti Berbahan Dasar Tepung Mocaf ‘COOKING MOCAF’”, JR, vol. 2, no. 4, Jan. 2024.
Section
Articles

References

S. Sunarsi, M. S. A, S. Wahyuni, and W. Ratnaningsih, “Memanfaatkan Singkong Menjadi Tepung Mocaf untuk Pemberdayaan Masyarakat Sumberejo,” Semin. Has. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., no. 1, pp. 306–310, 2011.

P. Tepung and S. Sebagai, “TERIGU UNTUK VARIASI CAKE Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga,” vol. 5, no. 1, 2016.

A. Arlene and J. R. Witono, “Pembuatan Roti Tawar Dari Tepung Singkong Dan Tepung Kedelai,” Simp. Nas. RAPI VIII, pp. 80–84, 2009.

J. Pendidikan, K. Keluarga, F. Teknik, and U. N. Semarang, “SUBSTITUSI TEPUNG KULIT ARI KEDELAI VARIETAS Us . No . 1,” no. 1, 2015.

Sudarno. 2015. “EKSPERIMEN PEMBUATAN ROTI TAWAR SUBSTITUSI TEPUNG KULIT ARI KEDELAI VARIETAS Us. No.1”. Universitas Negeri Semarang

Zainudin, Ahmad “Pengenalan Android”. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

A. D. Wulandari, “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role Playing Game (RPG) Marker XP Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang,” Game Edukatif Sej. Komput. Menggunakan Role Play. Game Marker XP Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kalibawang, 2012.

D. W. Putra, A. P. Nugroho, and E. W. Puspitarini, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J. TEKNOIF, vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016.

P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, and U. M. Malang, “Pelaku Usaha Berbahan Baku Ubi Kayu,” pp. 387–393, 2016.

R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” 2013 Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst., no. September 2013, pp. 95–100, 2013.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5