Business Process Reengineering Pada PT Cahaya Mega Grup Tour Travel
Main Article Content
Abstract
Proses bisnis merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterkaitan antara proses bisnis dalam suatu organisasi dan teknis. PT Cahaya Mega Grup Tour Travel memiliki proses-proses untuk mengatur dan mendukung tujuan, visi dan misi organisasi dalam melakukan pelayanan jasa terhadap pemesanan yang dilakukan oleh konsumen. Namun, dalam beberapa pelayanan seperti tiket pesawat, travel car, dan tour masih ada proses yang manual dan memakan waktu sehingga terdapat beberapa proses bisnis yang efektivitas dan efisiensinya masih kurang. Maka perlu dilakukannya analisis ulang terhadap proses bisnis yang telah berjalan secara mendalam dan harus dilakukan perubahan secara radikal. Dengan pendekatan Business Process Reengineering (BPR) untuk melakukan rekayasa ulang dan menggunakan uji efisiensi throughput dalam menghitung efisiensi pada proses bisnis, dan menggunakan standar American Society of Machanical Engineers (ASME) dalam melakukan analisa proses bisnis. Pada penelitian awal di PT Cahaya Mega Grup Tour Travel ditemukan 4 legacy proses bisnis yang telah berjalan, legacy proses bisnis ini memiliki efisiensi throughput sebesar 72%, 69%, 47%, 100% kemudian dilakukan rekayasa ulang proses bisnis yang menghasilkan proses bisnis rekomendasi dengan nilai uji efisiensi throughput sebesar 100%, 100%, 100%, 100% tentunya dengan peningkatan waktu dalam setiap proses bisnis. Dan dari hasil rekomendasi proses bisnis tersebut menghasilkan sebuah prototipe sebagai acuan pembuatan website PT Cahaya Mega Grup Tour Travel.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
M. N. Waluyo, E. Suhendar, and H. A. Suprapto, “Rancang Ulang Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Reengineering Pada TLS Cargo,” CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), vol. 12, no. 3, p. 161, Mar. 2021, doi: 10.22303/csrid.12.3.2020.161-169.
M. Soediro, C. Mardiana, S. Azizah, B. Wijaya, and D. Nartasari, “Pengaruh Business Process Reengineering Terhadap Business Process Performance Pada Hotel Budget Di Surabaya,” 2017.
W. Agus Widodo and I. Nur Prima Waluyowati, “Usulan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Reengineering (Studi Kasus : Café Terminal Mie Dikota Malang).”
A. Sulaiman, “Analisis dan Rekayasa Ulang Proses Bisnis Sistem Pembelian pada PT XYZ,” 2014.
D. Wimpertiwi, ; Agung, H. Sasongko, and A. Kurniawan, “Konsep Business Process Reengineering Untuk Memperbaiki Kinerja Bisnis Menjadi Lebih Baik: Studi Kasus Perusahaan Susu Kedelai ‘XYZ,’” 2014.
F. F. Rozaqi, “Business Process Reengineering pada Kejaksaan Negeri Batu”.
W. Suharso, D. Arya, and P. Mualim, “Rekayasa Ulang Sistem Permintaan Informasi Pada Kejaksaan Negeri Batu.”
H. Wasiati Jurusan Manajemen Informatika and S. AKAKOM Yogyakarta, “Rekayasa Ulang Layanan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Menggunakan Business Process Reengineering Di STMIK AKAKOM Yogyakarta”.
Z. Zaini and A. Saad, “Business Process Reengineering as the Current Best Methodology for Improving the Business Process,” Journal Of ICT In Education, vol. 6, pp. 66–85, Jun. 2019, doi: 10.37134/jictie.vol6.7.2019.
H. Dinata, “Business Process Reengineering: The Role of Information Technology as a Determinant of Success for Improving Performanc,” Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 25–31, Feb. 2020, doi: 10.25139/inform.v5i1.2255.
B. D. Nurlaili, “Rekayasa Ulang Proses Bisnis Praktek Kerja Nyata Informatika UMM Laporan Tugas Akhir,” 2022.
D. Untuk et al., “Business Process Reengineering (BPR) Pada Perusahaan Pdam Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan Tugas Akhir,” 2019.
F. Nova Lenti, “Rekayasa Proses Bisnis Pada E-Commerce B2B-B2C Menggunakan Sistem Afiliasi,” 2017.
Haqiqie Byas Ageng, “Implementasi Business Process Reengineering Pada PT Media Layar Independen,” 2021.
H. L. Bhaskar, “Business process reengineering framework and methodology: A critical study,” International Journal of Services and Operations Management, vol. 29, no. 4, pp. 527–556, 2018, doi: 10.1504/IJSOM.2018.090456.
R. Fajriah and S. Nazar, “Analisa Business Process Reengineering Dalam Pengembangan Sistem Distribusi Produk Lensa Mata PT. Galeri Mata Indonesia Berbasis Mobile Application,” CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), vol. 5, pp. 1– 12, 2020.
S. Haryanti and T. Irianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus,” Online.
W. Suharso, D. Arya, P. Muallim, F. Ardiansyah, F. T. Cahyono, and K. Person, “Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) 2018 ISSN (Cetak) 2527-6042 eISSN (Online).”
M. Dachyar and Z. A. H. Sanjiwo, “Business Process Re-Engineering of Engineering Procurement Construction (EPC) Project in Oil and Gas Industry in Indonesia,” Indian J Sci Technol, vol. 11, no. 9, pp. 1–8, Mar. 2018, doi: 10.17485/ijst/2018/v11i9/92741.
H. Hendro, I. A. Imdam, and S. Novieta, “Perancangan Proses Bisnis Menggunakan Teknologi Informasi dengan Metode Business Process Engineering untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Business Process Design Using Technology Information with Business Process Engineering Method to Improve Quality of Shipping Service.”
F. F. Rozaqi, W. Suharso, and I. Nuryasin, “Business Process Reengineering Pada Perusahaan PDAM Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan,” REPOSITOR, vol. 2, no. 5, pp. 635–648, 2020.
D. Agushinta R., A. Y. Pratama, and S. Harmanto S, “Business Process Reengineering on Customer Service and Procurement Units in Clinical Laboratory,” TELKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control), vol. 13, no. 2, p. 644, Jun. 2015, doi: 10.12928/telkomnika.v13i2.509.
M. Arip Islahudin and W. Hadikurniawati, “Implementasi Metode Business Process Reengineering (BPR) Pada Sistem Pelayanan Data Penduduk,” Semarang, Dec. 2021.
O. : Ali and H. Harahap, “Optimalisasi Proses Pengadaan Dengan Metode Rekayasa Ulang Bisnis Proses (BPR) Studi Kasus PT INALUM (PERSERO) Geladikarya,” Medan, Mar. 2015.
Muhammad, “Implementasi Business Process Reengineering Untuk Meminimalisir Keluhan Pelanggan Skripsi,” Surabaya, Jul. 2021.