Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi FoodCare Dengan Pendekatan Design Thinking dan Prinsip Gestalt

Main Article Content

Muhammad Irfan Fachrulrozy Hakim
Briansyah Setio Wiyono
Ilyas Nuryasin

Abstract

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) adalah rencana pembangunan dunia untuk mengatasi kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melestarikan lingkungan. Tujuan Zero Hunger yang melibatkan aplikasi FoodCare, bertujuan untuk mengakhiri kelaparan dengan fokus pada peran pengguna atau donor. Penerapan metode Design Thinking dan Prinsip Gestalt diharapkan memberikan pengaruh positif terhadap desain antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Langkah-langkah Design Thinking meliputi Empathize, Define, Ideate, Prototipe, dan Test, dengan Tujuan penerapan Metode Design Thinking penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan jelas kebutuhan dari masalah yang dihadapi oleh pengguna aplikasi FoodCare. Peneliti merekomendasikan rancangan solusi berupa High Fidelity Prototype (Hi-fi). Evaluasi usability dilakukan dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Maze.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. I. F. Hakim, B. S. Wiyono, and I. Nuryasin, “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi FoodCare Dengan Pendekatan Design Thinking dan Prinsip Gestalt”, JR, vol. 6, no. 1, Feb. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

Puja Pangestu F, Shelvia Rahmadianti N, Tanzila Hardiyanti N, Yusida E. Ekonomi Pancasila Sebagai Pedoman Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs (Sustainable Development Goals) 2030 [Internet]. Vol. 1, Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan. Malang; 2021. Available from: www.globalgoals.org

Safitri AO, Yunianti VD, Rostika D. Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu. 2022 Jun 3;6(4):7096–106.

Matematika P, Keguruan F, Pendidikan I. Digitalisasi pada Program Kampus Merdeka untuk Menjawab Tantangan SDGs 2030 Mufti Falah. Sultan Agung Fundamental Research Journal || [Internet]. 2021;2(2). Available from: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj

Yulianti D, Bainus A, Silvya Sari D, Aditiany S. Pendampingan Pengolahan Sampah Organik Dalam Upaya Mencapai SDG ZERO Hunger Di Desa Cileunyi Kulon Kabupaten Bandung. 2023 Oct 29;113–8.

Azhar AA, Hadiwijoyo SS, Umbu N, Nau W, Sosial FI, Komunikasi I, et al. Peran Multi-Aktor Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional Melalui Pengelolaan Food Loss And Waste Di Indonesia. 2023;2(4). Available from: https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04

Ula A. Visi Sustainable Development Goals (SDGs) Terhadap Kebijakan Diversifikasi Pangan Lokal Dalam Mengatasi Kelaparan. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI). 2021;3(2):58–64.

Minhajuel H, Widiastuti T. Model Pengelolaan Infak Sedekah Pada Food Bank. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan. 2021 May 31;8(3):354.

Umam K, Dian Umami L, Roghba Sa N, Darussalam Gontor U, Sunan Kalijaga Yogyakarta U. Islamisasi Konsep Sustainable Development Goals 2 : Zero Hunger. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 2023 Nov 16;3:10804–20.

Zahro Aisyah N, Ghina Nurfansepta A, Septriayadi Sianturi R. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2022. 2022.

Fahrudin R, Ilyasa R. Perancangan Aplikasi “NUGAS” Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Vol. 8, Reza Ilyasa Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Cirebon; 2021.

Rosiana PS, Voutama A, Ridha AA. Perancangan UI/UX Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan. 2023 Jul 17;11(3).

Hasani RA, Resa M, Yudianto A, Sukmasetya P, Febriyanto Y. Uji Prototype Metode Design Thinking pada penyebaran Informasi COVID-19 [Internet]. Vol. 22, Jurnal Kajian Ilmiah. Magelang; 2022. Available from: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Fariyanto F, Ulum F. Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode UX Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) [Internet]. 2021;2(2):52–60. Available from: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Haryuda Putra D, Asfi M, Fahrudin R. Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Vol. 8, Rifqi Fahrudin Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Cirebon; 2021.

Balkis P, Oktaviani N. Re-Design User Interface Website PT. Gozco Menggunakan Design Thinking. 2023 Aug 28;13:214–24. Available from: http://www.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>