Implementasi Metode CPM dan PERT Pada Proyek Perangkat Lunak Sistem Administrasi Manajemen Pengujian Akhir Semester Kasus ID Core Indonesia

Main Article Content

R. Imam Babus Salam
Ilyas Nuryasin
Wildan Suharso

Abstract

Perencanaan kegiatan dalam suatu proyek merupakan bagian yang sangat penting karena perencanaan tersebut merupakan hal yang mendasar agar proyek bisa berjalan dengan lancer dan proyek tersebut dapat dikerjakan sesuai waktu yang telah ditentukan. Keberhasilan maupun kegagalan perencanaan suatu proyek dapat terjadi karena kurang terencana dan pengendalian yang kurang efektif. Akibatnya proyek tersebut tidak efisien. Selain itu dapat mengakibatkan keterlambatan, menurunnya kialitas pekerjaan dan membengkaknya biaya pelaksanaan. Pada langkah perencanaan jadwal proyek, Project manager akan menetapkan urutan kegiatan pekerjaan yang dikerjakan selama proyek berlangsung, urutan pekerjaan dan durasi pengerjaan kegiatan pada proyek tersebut disesuaikan dengan jenis proyek perangkat lunak yang dikerjakan, sehingga urutan kegiatan pekerjaan dan durasi pengerjaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien. Dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan adanya manajemen yang baik sehingga dapat menciptakan pekerjaan yang terstruktur. PERT (Program Evaluation and Review Technique) dan CPM (Critical Path Method) adalah mekanisme yang digunakan untuk mengatur dan mengurutkan kegiatan diperusahaan yang kompleks dan saling bergantung satu sama lain. Metode ini memiliki kelebihan untuk menganalisis proyek dari segi memperkirakan waktu penyelesaian proyek dengan mencari jalur kritis, mengidentifikasi awal dan akhir waktu setiap kegiatan untuk mencari jadwal proyek, dan menghitung jumlah waktu slack untuk setiap kegiatan sehingga mampu meminimalisasi keterlambatan proyek.ID Core Indonesia adalah perusahaan yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 2018. Startup digital baru di kota Malang yang berfokus pada layanan pengembangan perangkat lunak(project base). ID Core Indonesia berfokus pada pengembangan system informasi berbasis teknologi website dan mobile apps. Berdasarkan implementasi metode CPM dan PERT pada proyek perangkat lunak sistem administrasi manajemen pengujian akhir semester kasus ID Core Indonesia menunjukkan hasil penyelesaian proyek dalam jangka waktu 40 hari dengan probabilitas sebesar 82%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. I. B. Salam, I. Nuryasin, and W. Suharso, “Implementasi Metode CPM dan PERT Pada Proyek Perangkat Lunak Sistem Administrasi Manajemen Pengujian Akhir Semester Kasus ID Core Indonesia”, JR, vol. 5, no. 4, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Atica Angelin dan Silvi Ariyanti, “Analisis Penjadwalan ProyekNew Product Development Menggunakan Metode PERT danCPM,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.6, No.1, 63-70 2018.

Amri Gunasti, Ach. Rofiqi dan Pujo Priyono, “Penerapan Metode Barchart, CPM, PERT dan Crashing Project dalam Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung G Universitas Muhammadiyah Jember,” Jurnal Rekayasa Teknik SipilUniversitas Madura, Vol.4, No.1 Juni 2019.

M. Imron Mas’ud dan Erik Wijayanti, “Analisis Evaluasi Biaya Dan Penjadwalan Waktu Proyek Pengolahan Limbah PT. KI Dengan Pendekatan PERT,” Jurnal J-Ensitec, Vol.03, No.02 Mei 2017.

Gentisya Tri Mardiani, “Analisis Estimasi Waktu Penyelesaian Proyek Perangkat Lunak Menggunakan Metode PERT,” Vol.03, No.02 Desember2018

Awaluddin, “Optimasi Penjadwalan Proyek Pembangunan Jalan denganMetode PERT dan CPM,” Universitas Sumatera Utara, 2017.

Abdurrasyid, Luqman, Abdul Haris, Indrianto, “Implementasi Metode PERTdan CPM pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Pembangunan Kapal,” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol.5, No.1 Juni 2019.

Yoga Eka Putra, Herry Kartika Gandhi, “Analisis Jalur Kritis PadaProyek Relokasi Mesin Flexo Dengan Metode CPM dan PERT,” Jurnal InTent, Vol.2, No.1 2019.

Sri Setiawati, Syahrizal dan Rezky Ariessa Dewi, “Penerapan Metode CPM Dan PERT Pada Penjadwalan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Rehabilitasi / Perbaikan Dan Peningkatan Infrastruktur Irigasi Daerah Lintas Kabupaten/Kota D.I Pekan Dolok),” Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara, 2017.

Ilham Agkolita Kemayotin dkk, “Implementasi IT Project Management Pembuatan Sistem Informasi Senat Mahasiswa (Studi kasus: Fakultas Farmasi Universitas Pancasila),” Universitas Pancasila, 2018.

Walson W D Banjarnahor, Pristiwanto,” Analisis Pelaksanaan Proyek Perumahan Dengan Metode CPM (Critical Path Method) dan PERT (Project Evaluation and Review Technique) (Studi Kasus Proyek Perumahan Citra Turi),”STMIK Budi Darma, Jurnal Pelita Informatika,

Vol. 17, No.1 2018.,.,.,.l

Anggi Cipta Lestari, “Perancangan Manajemen Proyek Pembangunan Perangkat Lunak Sistem Informasi Pelabuhan Studi Kasus Di PT. Dycode Cominfotech Development”, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas Komputer Indonesia, 2014.

Perangin-angin, Betharina Theresia. 2012. Studi Aplikasi CPM dengan Program Linier Untuk Optimasi Biaya Jaringan Kerja. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Chatwal. 2014. Aplication of Project Scheduling in a Bottling Unit Startup Using PERT and CPM Techniques. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Science. Vol 3, No.6.

Agyei, Wallace. 2015. Project Planning and Scheduling Using PERT And CPM

Techniques With Linear Programming: Case Study. International Journal of Scientific & Technology Research. 4(8). 222-227.

Dannyati, E, (2010). Optimalisasi pelaksanaan proyek dengan metode PERT dan CPM. Fakultas ekonomi. Universitas diponogoro. Semarang.

Ridho, M. R., & Syahrizal. (2012). Evaluasi Penjadwalan Waktu Dan Biaya Proyek Dengan Metode Pert Dan Cpm (Studi kasus: Proyek Pembangunan Gedung Kantor Badan Pusat Satatistik Kota Medan di Jl.Gaperta Medan, Sumatra Utara). departemen Teknik sipil, universitas sumatra utara, 30-33.

A. Göksu and S. Ćatović, “Implementation of Critical Path Method and Project Evaluation and Review Technique,” 3rd Int. Symp. Sustain. Dev., pp. 205–212, 2012.

W. Agyei, “Project Planning and Scheduling Using PERT and CPM Techniques with Linear Programming: Case Study,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 4, no. 8, pp. 222–227, 2015.

S. Chatwal, “Application of Project Scheduling in a Bottling Unit Startup Using PERT and CPM Techniques,” Int. J. Adv. Res. Eng. Appl. Sci., vol. 3, no. 6, pp. 1–9, 2014.

D. Taurusyanti and M. F. Lesmana, “Optimalisasi Penjadwalan Proyek Jembatan Girder Guna Mencapai Efektivitas Penyelesaian dengan Metode PERT dan CPM Pada Pt Buana Masa Metalindo,” J. Ilm. Manaj. Fak. Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 32–36, 2015.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>