Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Lokasi Pelatihan Sepakbola Di Kota Malang Menggunakan ArcGIS

Main Article Content

Risdianto Risdianto
Gita Indah Marthasari
Wildan Suharso

Abstract

Dalam meningkatkan prestasi dan kualitas sepakbola Indonesia dibutuhkan pembinaan pemain sepakbola dari mulai usia muda. Pembinaan yang baik maka akan memiliki fisik, mental serta taktik permainan yang baik pula. Pembinaan ini dapat dilakukan pada sekolah sepakbola di tiap-tiap daerah. Dalam hal pembinaan pemain sepakbola Kota Malang memiliki 29 sekolah sepakbola yang tersebar di tiap-tiap kecamatan, akan tetapi dari jumlah sekolah sepakbola tersebut hanya  beberapa yang diketahui oleh masyarakat secara umum. Sistem informasi geografis mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan cara melakukan pencarian persebaran sekolah sepakbola pada tiap kecamatan di kota Malang. Sedangkan SIG berbasis web mampu memberikan informasi secara lengkap kepada masyarakat dengan mengaksesnya secara online melalui jaringan internet. Penelitian ini merancang aplikasi SIG yang dapat dijalankan pada web browser dengan memberikan informasi tentang persebaran sekolah sepakbola pada tiap kecamatan beserta informasi lengkap. Dalam perancangannya dibutuhkan metode pengumpulan data yaitu data spasial dan data non spasial/atribut. Data spasial berupa lokasi sekolah sepakbola yang ditunjukkan pada peta Kota Malang yang di dapatkan dari alamat lengkap sekolah sepakbola. Sedangkan data non spasial terdiri dari nama sekolah sepakbola, nama kordinator, nomor telepon, jadwal latihan, tempat latihan, syarat masuk klub dan jumlah anggota. Pada perancangan SIG berbasis web ini juga dilengkapi dengan fitur lain yaitu pengelolaan lapangan dan  pengelolaan event.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Risdianto, G. I. Marthasari, and W. Suharso, “Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Lokasi Pelatihan Sepakbola Di Kota Malang Menggunakan ArcGIS”, JR, vol. 2, no. 6, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Juara.net, Kemenpora Bentuk Gerakan "Ayo Olahraga" unntuk dukung Asian Games 2018. Diambil kembali dari Juara.net: https://juara.bolasport.com, 2018.

J. Luxbaucher, Sepak Bola Taktik dan Teknik bermain (Alih bahasa Bambang Sugeng). Jakarta: PT Grafindo Persada, 2004

Sejarah PSSI, Diambil kembali dari PSSI: https://www.pssi.org/news/sejarah-pssi, 2012.

Geografis, Diambil kembali dari Pemerintah Kota Malang: https://malangkota.go.id, 2018.

H. Kertapati, Bukan Cuma Arema FC, Tapi Malang Ternyata Juga Punya 8 Klub Lain Yang Tak Kalah Menarik Untuk Disimak. Diambil kembali dari Striker.ID: https://www.striker.id, 2018.

S. T. Yuliani, Aplikasi Sistem Informasi Geografis(SIG) Untuk Pemetaan Pasar Tradisional di Kota Semarang Berbasis Web. Jurnal Geodesi Undip, 2016.

D. Charter, Desain dan Aplikasi GIS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2004.

P. K. A. Krisna, I. N. Priasa, and P. W. Buana, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Penyebaran Penyakit Berbasis Web, Jurnal Teknologi Informasi, Vol.2, No.3, 2014.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>