Aplikasi Pembelajaran Bahasa Dayak Ngaju Kalimantan Tengah Berbasis Smartphone Android

Main Article Content

Catur Rahmadani Nuari
Lailatul Husniah
Wildan Suharso

Abstract

Pada kehidupan sekarang ini perkembangan teknologi terus mengalami peningkatan, namun tak banyak pihak pengembang yang ada di kalimantan tengah menyadari bahwa ada permasalahan serius mengenai bahasa daerah kalimantan tengah yang hampir tenggelam jika tidak di antisipasi. Disamping itu kebutuhan masyarakat terhadap layanan teknologi berbasis informatika sangat bervariatif, salah satunya adalah kebutuhan dalam hal edukasi bahasa daerah seperti bahasa Dayak Ngaju Kalimantan Tengah dengan memanfaatkan aplikasi android. Penelitian ini memanfaatkan metode Multimedia Development Life Cycle dalam penyelesaian masalah dan memanfaatkan pemodelan Unified Modelling Language sebagai teknik analisanya. Dalam merancang dan membangun aplikasi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Java serta software Android studio versi 2.2.3 untuk implementasi source code dan untuk pengujian menggunakan metode User Acceptance Test dan blackbox. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari pengujian blackbox sistem berjalan dengan baik dan dalam sisi fungsional memberikan keluaran sesuai dengan yang diharapkan dan menghasilkan nilai dengan skor 80,30 % dari pengujian User Acceptance Test melalui kuesioner yang diberikan kepada 30 responden yang terdiri dari pelajar sekolah dasar dan mahasiswa. Sehingga skor yang diperoleh dengan nilai 80,30 % masuk dalam kategori layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
C. R. Nuari, L. Husniah, and W. Suharso, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Dayak Ngaju Kalimantan Tengah Berbasis Smartphone Android”, JR, vol. 2, no. 7, Jan. 2024.
Section
Articles

References

L. Hakim and S. Meini, “Pengembangan Aplikasi Andronika Berbasis Android pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 4, no. 3, pp. 795–804, 2015.

Y. J. Indratno, R. J. Iskandar, A. Yulius, and T. Informatika, “INDONESIA KE BAHASA DAYAK BERBASIS ANDROID,” pp. 1–11.

P. Studi, T. Informatika, S. Tinggi, M. Informatika, and D. A. N. Komputer, “Aplikasi pengenalan ilmu tajwid berbasis android,” pp. 1–15, 2014.

Y. Efendi, T. Wira, and E. Khoirunnisa, “Penerapan Teknologi Ar (Augmented Reality) Pada Pembelajaran Energi Angin Kelas Iv Sd Di Rumah Pintar Al-Barokah,” Stud. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 29–47, 2016.

Anisa zahriyatun Anggi; Berlilana; Tri Astuti, “E-Tung ( Edugame Berhitung ) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak TK,” Telematika, vol. 7, no. 2, pp. 1–12, 2014.

N. S. H, N. Yanti, and O. Sari, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Teknologi Kinect,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind. 8, vol. 1, no. 1, pp. 106–116, 2016.

S. Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak,” Prosisko, vol. 3, no. 2, 2016.

D. Satuan, “Perancangan Multimedia Pembelajaran Fisika Pada Materi Besaran,” pp. 563–568, 2017.

A. R. Dewi, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 471–480, 2015.

A. Rizal, “Aplikasi Pembelajaran Seni Kaligrafi Berbasis Multimdedia di MI Awaliyah Bojongsana,” pp. 6–7, 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>