Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Lokasi Perbaikan Jalan Menggunakan Metode Analyical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting Studi Kasus Kabupaten Pasuruan

Main Article Content

Feny Aries Tanti
Galih Wasis Wicaksono
Agus Eko Munarmo

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang ada di darat untuk sektor sosial dan ekonomi. Kesadaran pemerintah dalam memperbaiki jalan yang rusak merupakan hal utama dalam anggaran daerah. Peningkatan jumlah lokasi jalan berkaitan dengan peningkatan jumlah perbaikan jalan yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi perbaikan jalan yang terbaik. Jalan yang diperbaiki berdasarkan dari beberapa alternatif posisi lokasi perbaikan jalan. Cara menetapkan lokasi perbaikan jalan dengan memberikan posisi peringkat alternatif berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Berdasarkan pertimbangan kriteria dapat diukur secara kuantitatif dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan SAW (Simple Additive Weighting). Berdasarkan hasil pengujian terhadap program sudah dapat digunakan. Hasil dari perhitungan program sudah sesuai dengan hasil perhitungan yang sudah dilakukan. Pengujian dilakukan terhadap 10 responden. Dengan sistem ini diharapkan membantu pihak Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga untuk menentukan lokasi perbaikan jalan secara lebih objektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
F. A. Tanti, G. W. Wicaksono, and A. E. Munarmo, “Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Lokasi Perbaikan Jalan Menggunakan Metode Analyical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting Studi Kasus Kabupaten Pasuruan”, JR, vol. 2, no. 9, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Anita dan Sigit Syahputra Harahap. Sistem Pendukung Keputusan Penyetujuan Kartu Kredit pada Bank BRI dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). (2019). Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA) Vol. 2 No.2. E-ISSN: 2580-2879.

Atradanta, Made, I Made Agus Wirawan, dan I Ketut Resika Arthana. (2016). Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Tempat Kuliner dengan Menggunakan Metode AHP dan SAW Studi Kasus: Kecamatan Buleleng. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Vol. 5 No.2. ISSN: 2252-9063.

Christian, Andi, Sebri Hesinto, dan Agustina. (2018) Rancang Bangun Website Sekolah dengan Menggunakan Framework Bootstrap (Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih). Jurnal SISFOKOM Vol. 7 No. 1.

Fauzan, Reza, Yoenie Indrasary, dan Nonik Muthia. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web. Jurnal Online Informatika (JOIN) Vol. 2 No.2.

Firmandi, Amat Sofyan, Ade Saputra, dan Fitri Pratiwi. (2016). Perancangan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Menentukan Lokasi Pasar untuk Pedagnag pada Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai Menggunakan Metode SAW. Junal Informatika, Manajemen dan Komputer Vol. 8 No. 2. E-ISSN: 2580-3042. P-ISSN: 1979-0694.

Hartanto. (2014). Analisis Skala Proritas Ruas Jalan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di Provinsi Kalimantan Timur.

Ilham, Dirja Nur dan Sri Mulyana. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Tempat PKL Mahasiswa dengan Menggunakan Metode AHP dan Borda. IJCCS Vol. 11 No.1. ISSN: 1978-1520.

Mubarok, Ade dan Astri Rosmiati. (2016). Sistem Penunjang Keputusan Prioritas PErbaikan Jalan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Informatika Vol. 3. ISSN: 2355-6579. E-ISSN: 2528-2247.

Munthafa, Agnia Eva dan Husni Mubarok. (2017). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Siliwangi Vol. 3 No. 2. ISSN 2477-3891.

Nilogiri, Agung dan Deni Arifianto. (2016). Sistem PEndukung Keputusan Prioritas Lokasi Perbaikan Jalan Menggunakan Metode Anlytycal Hierarchy Process. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia Vol.1.

Nurdiyanto, Heri dan Heryanita Meilia. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil dan Menengah di Lampung Tengah Menggunakan Analyical Hierarchy Process (AHP). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN: 2302-3805.

Prawestri, Dian dan Sari Widya Sihwi. (2012). Perbandingan Penggunaan Metode AHP dan SAW untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Layanan Internet. Jurnal ITSMART Vol.1 No.2. ISSN: 2301-7201

Prayogo, Hanggar Wahyu Agi, Lailil Muflikhah, dan Satrio Hadi Wijoyo. (2018). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk Penentuan Penerima Zakat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, Vol. 2 (11). 5877-5883.

Purwitasari, Kitnas Dian dan Feddy Setio Pribadi. (2015). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Peserta Disik SMA menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknik elektro Vol. 7 No. 2.

Putra, Arie Setya, Desi Rahma, dan Indah Hartati. (2018). Metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai Sistem Pendukung Keputusan Guru Berprestasi (Studi Kasus: SMK Global Surya). Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis.

Rohandi, Manda, Moh. Yusuf Tuloli, dan R. Thohir Jasssin. (2017). Sistem Pendukung Keputusan dalam Peneentuan Prioritas Pengembangan Kawasan Wisata Bawah Laut. JNTETI Vol. 6 No.4.

Sari, Desi Ratna, Agus Perdana Windarto, Dedy Hartama, dan Solikhun. (2018). Sistem Pendukung Keputusan untuk Rekomendasi Kelulusan Sidang Skripsi Menggunakan Metode AHP-TOPSIS. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer Vol. 6 No. 1.

Sari, Ria Eka dan Alfa Saleh. (2014). Penilaian Kinerja Dosen dengan Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus: di STMIK POTENSI Utama Medan). Seminar Nasional Informatika.

Windarto, Agus Perdana. (2017). Penilaian Prestasi Kerja Karyawan PTPN III Pematangsiantar dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal RIset Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JURASIK) Vol. 2 No.1. ISSN: 2527-5771. EISSN: 2549-7839.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>