Implementasi M-commerce pada Toko Hijab dengan Menggunakan Personal Extreme Programming
Main Article Content
Abstract
Rumah Muslimah merupakan sebuah toko hijab yang bergerak di bidang mode atau fesyen. Beberapa masalah yang dialami oleh Rumah Muslimah adalah sistem pemesanan yang masih konvensional dan sistem promosi yang masih kurang memadai. Oleh karena itu, Rumah Hijab membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat diakses oleh semua pelanggannya dan juga dapat menjadi alat untuk mempermudah transaksi antar kota. Metode pengembangan yang dipakai dalam peneletian ini adalah Personal Extreme Programming (PXP). PXP merupakan metode turunan dari Extreme Programming (XP). Aplikasi yang akan dibangun dalam penelitian ini adalah aplikasi toko berbasiskan mobile. Fase pertama yang dilakukan adalah requirement yaitu mencari kebutuhan yang diperlukan untuk membuat aplikasi. Tahap selanjutnya dalah menentukan mengenai prioritas sebuah fitur bersama klien. Pengembangan akan dilakukan sesuai dengan iterasi yang sudah ditentukan bersama. Hasil penelitian ini adalah PXP dapat diterapkan dalam pengembangan aplikasi mobile untuk Rumah Muslimah. Kemampuan dan pengalaman dari seorang yang merancang aplikasi akan sangat berpengaruh dalam durasi pengerjaan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Alfeno, Tiana. (2018). “Aplikasi Mobile Commerce (M-commerce) Berbasis Android Hybrid”. Jurnal Cerita Vol 4. No 2.
Damayanti, Melin., Kasmi. (2017). “Perancangan Sistem Penjualan Busana Muslim berbasis E-commerce pada Toko Kanaya”. Prosiding KMSI. Vol.5 No.1
Ridlo P. (2018). “Implementasi Model Personal Extreme Programming (PXP) dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Flora dan Fauna di Taman Nasional Meru Betiri [skripsi]”. Jember(ID): Universitas Jember
Ulfi, Muhammad & Marthasari, Gita & Nuryasin, Ilyas. (2020). “Implementasi Metode Personal Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Manajemen Transaksi Perusahaan (Studi Kasus: CV. Todjoe Sinar Group)”. Jurnal Repositor. 2.
Carolina, Irmawati & Adi, Supriyatna. (2019). “Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota SKS Mengajar Dosen”. Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol 3 No 1
Krisnanda Filian E & Tanone R. (2019). “Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile Menggunakan Flutter”. JUTISI. Vol 5. No. 3.
Maulana, Alief & Rismawan, Rega. (2020). Aplikasi E-Commerce.
Nur Ariesanto Ramdhan, Devi Adi Nufriana. (2019). “Rancang Bangun Dan Implementasi Sistem Informasi Skripsi Online Berbasis Web”. Jurnal Ilmiah Intech. Vol.1, No.2.
Payara, George & Tanone, Radius. (2018). “Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android”. JUTISI. Vol.4 No.3. 397-406.
Rakhmat Dedi Gunawan, Napianto Riduwan, Rohmat Indra B, Irma Hanifah. (2019). “Penerapan Pengembangan Sistem Extreme Programming Pada Aplikasi Pencarian Dokter Spesialis di Bandar lampung Berbasis Android”. Jurnal Format Volume 8 Nomor 2.
Suharto, Agus. & Mardiana. (2020). “Aplikasi Eresha Mobile Berbasis Android Dengan Metode Personal Extreme Programming Di Era Industri 4.0”. Jurnal Teknologi Informasi Vol.4, No.2
Irmawati, Carolina & Arief Rusman. (2019). “Penerapan Extreme Programming Pada Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web (Studi Kasus Toko ST Jaya)”. Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 4, No. 2
Jaya, Tri. (2018). “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung)”. Jurnal Pengembangan IT (JPIT), Vol.03, No.02,
Septiyanto, Abdullah & Suharso, Wildan & Nuryasin, Ilyas. (2020). “Sistem Informasi Program Keluarga Harapan (PKH) Menggunakan Metode Personal Extreme Programming dengan Metode Prioritas Ranking”. Jurnal Repositor. Vol.2 No.12