Analisis Sentimen Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier Terhadap Kata Kunci “#Asiangames2018”

Main Article Content

Abdy Yoga Syantara
Evi Dwi Wahyuni
Vinna Rahmayanti Setyaning Nastiti

Abstract

Data pengguna twitter di tahun 2016 ada 77% yang aktif dan 4,1 miliar tweet. Selain fungsi twitter sebagai media informasi, twitter juga memungkinkan setiap penggunanya menulis dan berbagi segala hal dengan menggunakan hashtag atau biasa dilambangkan dengan “#”. Asian Games merupakan pesta olahraga Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dan melibatkan atlet-atlet dari seluruh Asia dimana acara bergengsi ini diorganizir oleh Olympic Council of Asia (OCA). Dengan begitu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sentiment masyarakat pada event Asian Games dengan memanfaatkan metode Naïve Bayes Classifier. Dataset yang diambil dari Twitter nantinya akan memasuki tahapan preprocessing. Hasil dataset tersebut nantinya akan dianalisa dengan metode Naïve Bayes Classifier dan menghasilkan prediksi nilai positif sebesar 27%, negatif sebesar 10% dan netral sebesar 16%. Dan hasil pengujian dengan akurasi sebesar 80,30%, serta precission, recall, dan f1-score masing masing sebesar 84%, 80%, dan 81%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Y. Syantara, E. D. Wahyuni, and V. R. Setyaning Nastiti, “Analisis Sentimen Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier Terhadap Kata Kunci ‘#Asiangames2018’”, JR, vol. 3, no. 5, Feb. 2024.
Section
Articles

References

T. E. Damayanti, “Pemanfaatan Twitter sebagai Media Information Sharing di Perpustakaan (Studi Kasus Tentang Pemanfaatan Media Sosial Twitter Sebagai Media Information Sharing di Perpustakaan Wilayah Kota Surabaya ),” J. Airlangga Univ., vol. 3, no. 2, 2014.

Y. T. Arifin, “Komparasi Fitur Seleksi Pada Algoritma Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Review,” vol. 3, no. September, pp. 191–199, 2016.

I. Rish, “An empirical study of the naive Bayes classifier,” IJCAI-2001 Work. Empir. Methods AI (IBM Tech. Rep. RC22230), vol. 3, no. 22, pp. 41–46, 2001, [Online]. Available: https://sites.google.com/site/irinarish/publications/RC22230.pdf?attredirects=0&d=1&cm_mc_uid=80717800187114522513777&cm_mc_sid_50200000=1452251377.

I. Zulfa and E. Winarko, “Sentimen Analisis Tweet Berbahasa Indonesia Dengan Deep Belief Network,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 11, no. 2, p. 187, 2017, doi: 10.22146/ijccs.24716.

aisah rini Susanti, “Analisis klasifikasi sentimen twitter terhadap kinerja layanan provider telekomunikasi menggunakan varian naïve bayes aisah rini susanti,” 2016.

A. Hidayat, “Impementasi Metode Term Frequency and Inverse Document Frequency Dan Marginal Relevance Untuk Monitoring Diskusi Online,” vol. 13, no. 2, pp. 151–159, 2016.

V. S and J. R, “Text Mining: open Source Tokenization Tools – An Analysis,” Adv. Comput. Intell. An Int. J., vol. 3, no. 1, pp. 37–47, 2016, doi: 10.5121/acii.2016.3104.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>