Solusi Desain Penambahan Opsi Pembayaran dan Peta Rute Interaktif Pada KAI Access Menggunakan UX Journey

Main Article Content

Angga Fadhil Maulana
Wahyu Andhyka Kusuma
Ilyas Nuryasin

Abstract

Sistem pemesanan tiket kereta api berbasis aplikasi, seperti KAI Access, telah tumbuh pesat sebagai metode efisien dan populer dalam perolehan tiket perjalanan daring. Meski KAI Access sebagai aplikasi resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kemudahan dalam pemesanan tiket, namun popularitasnya juga mengungkapkan sejumlah kendala. Opsi pembayaran yang terbatas, kurangnya informasi mengenai jalur kereta juga informasi keterlambatan jam kedatangan kereta api, serta kurangnya navigasi pemesanan menjadi tantangan yang perlu diatasi. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa kebutuhan dengan menggunakan metode UX Journey, untuk menemukan kebutuhan pengguna dengan fokus mengembangkan solusi desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam variable behavior sebelum dan sesudah pengembangan solusi desain. Pada variabel pertama kemudahan melakukan pembayaran meningkat dari 20% menjadi 100%, variabel kedua kemudahan melihat informasi terkait delay jam kedatangan kereta api, dan detail jalur kereta yang akan dinaiki meningkat dari 52% menjadi 92%, dan variabel ketiga kemudahan dalam melakukan navigasi pemesanan meningkat dari 32% menjadi 92%. Diharapkan melalui pengembangan solusi desain dengan menambahkan fitur opsi pembayaran yang beragam, fitur peta rute interaktif, dan fitur navigasi, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pengalaman pengguna pada aplikasi KAI Access. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. F. Maulana, W. A. Kusuma, and I. Nuryasin, “Solusi Desain Penambahan Opsi Pembayaran dan Peta Rute Interaktif Pada KAI Access Menggunakan UX Journey”, JR, vol. 6, no. 3, Jul. 2024.
Section
Pengembangan Perangkat Lunak

References

P. Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Tiket Kereta Api Secara Online Menggunakan Aplikasi KAI Access, M. S. Program Studi, M. STIE Ekuitas Bandung Terra Saptina Maulani, P. S. Studi, and M. STIE Ekuitas Bandung, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Tiket Kereta Api Secara Online Menggunakan Aplikasi KAI Access (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bandung),” Bank. Manag. Rev., vol. 10, no. 2, pp. 1425–1442, Mar. 2021, doi: 10.52250/BMR.V10I2.443.

N. B. Sidauruk, N. Riza, R. Nuraini, and S. Fatonah, “Penggunaan Metode SVM dan Random Forest Untuk Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Terhadap KAI Access di Google Playstore,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, pp. 1901–1906, Nov. 2023, doi: 10.36040/JATI.V7I3.6899.

A. W. Saputra, “Analisis Permasalahan Pada Aplikasi Smartphone KAI Access Berdasarkan End-User Review Menggunakan Metode Text-Mining Dan Fishbone Diagram,” Dec. 2020, Accessed: Jul. 10, 2023. [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29682

A. Alfita Hannan and A. Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Api Layanan Lokal Bandung Raya Berbasis Aplikasi KAI Access (Studi Kasus Pada PT KAI),” Appl. Bus. Adm. J., vol. 2, no. 1, Jan. 2023, Accessed: Jul. 10, 2023. [Online]. Available: https://journal.ebizmark.id/index.php/abaj/article/view/39

K. R. Hadi, H. M. Az-Zahra, and L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2742–2750, Feb. 2018, Accessed: Jan. 30, 2024. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2400

W. A. Kusuma, A. H. Jantan, N. I. Admodisastro, and N. M. Norowi, “Reframed Design Thinking and Feasibility Analysis of UX Journey: Integrating User Experience and User Requirement for Solo Software Development,” Jan. 2023, doi: 10.20944/PREPRINTS202301.0190.V1.

S. M. Hardiyanto, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa PT. Kereta Api Indonesia DAOP VIII Jurusan Surabaya - Malang,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 7, no. 2, Jul. 2019, doi: 10.26740/JPTN.V7N2.P.

C. Barnum, N. Bevan, G. Cockton, J. Nielsen, J. Spool, and D. Wixon, “The ‘magic number 5’: Is it enough for web testing?,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., pp. 698–699, 2003, doi: 10.1145/765891.765936.

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>