Pengukuran Kualitas Website Point of Sales System Divisi Bisnis UMM Menggunakan Metric Function Oriented
Main Article Content
Abstract
Metric Function Oriented merupakan metrik yang menggunakan ukuran fungsionalitas dari suatu aplikasi atau sistem sebagai nilai normalisasi. Dalam hal ini, fungsionalitas dapat diukur secara tidak langsung dengan menggunakan metode Function Point. Function Point ini diturunkan menggunakan hubungan dari pengamatan yang dilakukan berdasarkan ukuran domain informasi perangkat lunak secara langsung yang dapat dihitung dan penilaian perangkat lunak dari sisi kompleksitasnya. Hasil yang didapatkan pada pengumpulan data berupa fungsionalitas dan spesifikasi dari suatu sistem. Untuk perhitungan Unadjusted Function Point, Value Adjustment Factor, dan Function Point hasil yang didapat masing-masing memiliki nilai 247, 0.92, dan 227.24. Sedangkan untuk hasil evaluasi indikator kegagalan berupa nilai kualitas yang dimiliki yaitu 95% yang mana nilai tersebut merupakan nilai kualitas dari website point of sales system milik Divisi Bisnis UMM.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
R. - and M. Subchan, “Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Manajemen Pelaporan Kegiatan Berbasis Web Peringatan Berbasis Email,” vol. 2, no. 2502, 2017.
R. -, A. Goeritno, and E. Hadi, “Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem E-Learning Menggunakan Metric Function Oriented,” 2017, pp. 769–776.
F. R. Hariri et al., “Pengukuran Kompleksitas Sistem E-Learning di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metrik Function Oriented,” pp. 245–250, 2019.
R. K. Hapsari and M. J. Husen, “Estimasi Kualitas Perangkat Lunak Berdasarkan Pengukuran Kompleksitas Menggunakan Metrik Function Oriented,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. III, pp. 425–434, 2015.
F. -, “Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Berdasarkan Kompleksitas Menggunakan Metode Function Point,” J. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 79–87, 2009.
D. Galin, Software quality assurance: from theory to implementation. 2004.
H. Kim and L. S. Niehm, “The Impact of Website Quality on Information Quality, Value, and Loyalty Intentions in Apparel Retailing,” J. Interact. Mark., vol. 23, no. 3, pp. 221–233, 2009.
P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.
H. Nurmi, “Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata,” J. Edik Inform., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2014.
T. G. Yuarita and F. Marisa, “Perancangan Aplikasi Point of Sales (POS) Berbasis Web Menggunakan Metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 167–171, 2017.
A. S. Sani, F. Pradana, and D. S. Rusdianto, “Pembangunan Sistem Informasi Point Of Sales Terintegrasi Dalam Lingkup Rumah Makan Beserta Cabangnya (Studi Kasus: RM. Pecel Pincuk Bu Tinuk),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 3249–3257, 2018.
R. S. Pressman, Software Engineering - A PRACTITIONER’S APPROACH, Fifth. 2005.
D. Longstreet, “Fundamentals & Introduction of Function Point Analysis,” SoftwareMetrics, 2005.
D. Longstreet, “Function Points Analysis Training Course,” Longstreet Consult. Inc. Acessed, vol. 2, p. 15, 2005.