Penerapan Technology for Child Pada TPQ Ar-Rahman Dengan Menggunakan Metode UX Journey
Main Article Content
Abstract
Masalah: teknologi di dunia sangat maju, banyak pendidikan yang memanfaatkan teknologi untuk membantu dalam proses pembelajaran. Salah satunya Pendidikan agama pada TPQ, bagi para guru pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sangat membantu dalam meningkatkan kualitas belajar santri. Berbagai metode dapat digunakan untuk merancang sistem yang dapat mendukung pembelajaran. Salah satunya adalah penerapan Teknologi untuk Anak dengan menggunakan Metode: Metode UX Journey, dimana UX Journey merupakan metode terintegrasi untuk mengidentifikasi kebutuhan dan memahami pengalaman pengguna. Tujuan peneliti dengan menggunakan metode ini guna dapat fokus dalam pembuatan fitur yang sejalan dengan kebutuhan pengguna dan meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan masalah selama proses pengembangan. Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah solusi desain seperti pemberian fitur 'Pemilihan Tema', 'Penambahan materi' yang hanya dapat dilakukan oleh akun guru saja dan juga melakukan monitoring secara berkala melalui fitur yang telah tersedia yaitu fitur 'Melihat Viewers' dengan adanya fitur ini Peneliti meyakini dapat membantu guru dalam mengetahui siapa saja santri yang rajin dan tidak rajin. Selain itu ada fitur 'Suara' yang dapat membantu santri dalam belajar dan menghafalkan doa-doa serta surat pendek. Selain itu tersedia juga fitur 'Perekam Suara' yang digunakan saat santri melakukan tes kenaikan jilid sehingga santri dan guru memiliki waktu yang lebih fleksibel ketika hendak melakukan tes kenaikan jilid.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
S. Acuña, J. Castro, and N. Juristo, “A HCI technique for improving requirements elicitation,” Information and Software Technology, vol. 54, pp. 1357–1375, Jul. 2012, doi: 10.1016/j.infsof.2012.07.011.
I. R. Floyd, M. Cameron Jones, and M. B. Twidale, Resolving Incommensurable Debates: A Preliminary Identification of Persona Kinds, Attributes, And Characteristics” Artifact, vol. 2, no. 1, pp. 12–26, Apr. 2008, doi: 10.1080/17493460802276836.
F. Anvari, D. Richards, M. Hitchens, and M. A. Babar, “Effectiveness of Persona with Personality Traits on Conceptual Design,” in 2015 IEEE/ACM 37th IEEE International Conference on Software Engineering, May 2015, pp. 263–272. doi: 10.1109/ICSE.2015.155.
W. Widarto, “Faktor Penghambat Studi Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY,” JDVTM, vol. 2, no. 2, p. 127, Oct. 2017, doi: 10.21831/dinamika.v2i2.16001.
Nur Hasanah and Abd Mujahid Hamdan, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ),” jrpm, vol. 1, no. 1, pp. 70–88, Jan. 2021, doi: 10.22373/jrpm.v1i1.662.
A. Amirudin and M. Azrino Gustalika, “PPerancangan Sistem Informasi TPQ Aisyah Maulida Hasanah Berbasis Website,” oai, vol. 11, no. 01, pp. 77–84, Mar. 2023, doi: 10.33884/jif.v11i01.7159.
E. Widianto, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, ” JETE, vol. 2, no. 2, p. 213, Aug. 2021, doi: 10.24014/jete.v2i2.11707.
A. Nursyam, “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Ekspose, vol. 18, no. 1, pp. 811–819, Jul. 2019, doi: 10.30863/ekspose.v18i1.371.
I. W. K. Suwastika, “Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa,” vol. 13, no. 1.
D. K. Wardani, U. K. N. Qomariah, S. Prihatiningtyas, A. M. Yazid, H. A. Zahro, and M. Nuriyah, “enerapan Aplikasi Tilawati Mobile Berbasis Flipbook Untuk Standarisasi Guru TPQ Desa Pesantren Jombang,” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNP2M), vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Dec. 2021.
S. Haryoko, “Penerapan Sistem Human Computer Interaction (HCI) Pada Website E-Learning,” Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2012, doi: 10.35585/inspir.v2i2.20.
“2021 - 2021 - No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title | PDF | Health Equity | World Health Organization.” Accessed: May 21, 2023.
R. H. Kusumodestoni and B. B. Wahono, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android Pada Paud Nabata,” Jurnal Informatika, Manajemen dan Teknologi, vol. 24, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2022, doi: 10.23969/infomatek.v24i1.4402.
D. Gustian and M. Y. Ismatulloh, “Analisis Pemetaan Tingkat Kehadiran Siswa Dengan Metode K- Means Clastering,” vol. 4, no. 1, 2023.
M. F. Faisal Hikmawan and I. Irfansyah, “Buku Prestasi Santri berbasis Digital menggunakan Prinsip Postel,” Edumatic, vol. 6, no. 2, pp. 354–363, Dec. 2022, doi: 10.29408/edumatic.v6i2.6691.
F. Farikhin, A. S. Hamdani, and I. Soraya, “Fleksibilitas Asynchronous Learning Berbasis Android sebagai Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama,” Intelektual, vol. 12, no. 2, pp. 101–112, Aug. 2022, doi: 10.33367/ji.v12i2.2795.