Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam & Akuntansi Dengan Metode Pengembangan Model Waterwafall (Studi Kasus KSP Bina Usaha Kabupaten Ngawi)

Main Article Content

Bayu Tri Sadewo
Maskur Maskur
Evi Dwi Wahyuni

Abstract

Koperasi simpan pinjam “Bina Usaha” adalah koperasi yang melayani simpan pinjam uang bagi masyarakat yang membutuhkanya. Koperasi “Bina Usaha” berdiri sejak tahun 2015 di kabupaten Ngawi. Akan tetapi Koperasi ini masih menggunakan cara manual dengan Microsoft excel untuk mendokumentasikan semua data yang berhubungan dengan aktifitas koperasi tersebut, dari data keanggotaan hingga data simpan pinjam. Sehingga data yang dimiliki oleh koperasi “Bina Usaha” rawan hilang. Penulis dalam sistem ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Metode pengembangan waterfall merupakan metode pengembangan sistem perangkat lunak yang sisitematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem sampai pada analisis, desain, kode dan test. Sistem yang akan dibuat dilengkapi dengan fitur yang dibutuhkan oleh koperasi “Bina Usaha” (mulai dari manajemen nasabah, karyawan, investor, aset barang, user, transaksi simpan pinjam, transaksi kas, pembuatan laporan, dan fitur akuntansi). Sistem yang dibuat telah melalui pengujian black box dan UAT untuk menilai kelayakan sistem untuk dipakai dikoperasi dan hasilnya user bisa menerima sistem ini. Hasil akhir program yang dijalankan pun bisa melihat uang keluar masuk koperasi hingga laba rugi koperasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
B. T. Sadewo, M. Maskur, and E. D. Wahyuni, “Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam & Akuntansi Dengan Metode Pengembangan Model Waterwafall (Studi Kasus KSP Bina Usaha Kabupaten Ngawi)”, JR, vol. 2, no. 6, Jan. 2024.
Section
Articles

References

Pratiwi & Asti Herliana, 2015, “Analisi dan Desain Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Koperasi Sejahtera Bersama Bandung”, Jurnal Informatika, ISSN: 2355-6579 , Vol. II, No. 1, April 2015.

Bassil Youssef, 2012, ”Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle”, International Journal of Engineering & Technology (iJET), ISSN: 2049-3444, Vol. 2, No. 5, 2012.

Burhanuddin. (2010). Prosedur Mudah Mendirikan Koperasi. Pustaka Yustisia, Yogyakarta

Rudianto. 2006. Akuntansi Koperasi. Jakarta : Grafindo

Swastika, Windra. 2008. VB & Mysql, Proyek Membuat general Ledger Seri 1. Jakarta: Dian Rakyat.

Rudianto. 2010. Akuntansi Koperasi. Jakarta: Erlangga.Undang-Undang Nomor 17. 2012

Rinda Cahyana & Ami Helmi Triana, “Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Keuangan untuk Memenuhi Kebutuhan Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Dokter Slamet Kabupaten Garut”, Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, ISSN : 2302-7339, Vol. 12, No. 1, 2015.

Gin Gin Ichwaniadi Ginanjar & Asep DeddySupriatna, “Pegembangan Sistem Informasi KSP di KPRI Makmur Sejahtera Berbasis Desktop”, Jurnal Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut, ISSN : 2302-7339, Vol. 12, No.1, 2015.

Rina Ekawati, 2015. Sistem Informasi Simpan Pinjam Syariah Untuk Modul Transaksi Kas Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi Kasus: Koperasi Sinar Surya Batu). Laporan Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang.

Riska Mei, 2015. Sistem Informasi Simpan Pinjam Syariah Untuk Modul Transaksi Juenal Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi Kasus: Koperasi Sinar Surya Batu). Laporan Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>