Penerapan Metode Research and Development Pada Proses Pengembangan Software Media Pembelajaran Practice Learning Questions Jenjang SMA
Main Article Content
Abstract
Belajar termasuk faktor yang mensugesti dan sangat berperan krusial pada pembentukan langsung individu. Melalui proses belajar terjadilah sebuah komunikasi, transfer pengetahuan dan nilai. Akan tetapi semenjak virus covid-19 menyerang dunia proses belajar menjadi terhambat. Dengan munculnya kasus tersebut, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk melakukan kegiatan belajar secara online. Namun dengan adanya pembelajaran secara online ini sangat berdampak pada minat belajar siswa, yakni turunnya minat belajar para siswa dikarenakan kesulitan dalam memahami pelajaran dan mengerjakan soal-soal latihan. Selain itu koneksi internet menjadi masalah yang dihadapi murid ketika proses belajar daring. Penelitian ini bertujuan menciptakan software media pembelajaran yang mampu membantu mempermudah para murid dalam proses belajar khususnya ketika mengisi latihan soal pelajaran yang dibuat sesuai dengan kurikulum 2013. Metode yang dipakai pada pembuatan aplikasi ini adalah jenis Research and Development karena metode ini merupakan jenis metode penelitian yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan software terkait dengan bahan latihan guru, materi maupun media belajar lainnya. Berdasarkan uji lapangan yang melibatkan 30 siswa dan 10 guru diperoleh hasil nilai Siswa sebesar 80,45 % dan oleh Guru sebesar 84,78 % dengan kriteria "sangat baik".
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
R. H. Syah, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
M. R. C. Aiba and E. Y. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Latihan Ujian Nasional pada Sekolah SMP Ambia,” Proc. Konf. Nas. Sist. dan Inform., pp. 425–430, 2015.
M. Mulyani and R. T. Herdiani, “Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa,” Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teor. dan Prakt., vol. 2, no. 2, p. 138, 2019, doi: 10.26740/bikotetik.v2n2.p138-143.
Hanafi, “Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan,” J. Kaji. Keislam., vol. 4, no. 2407, pp. 129–150, 2017.
A. A. Nugraha, D. Kisbianty, and B. Purnama, “Aplikasi Simulasi Try Out Ujian Nasional Pada Jurusan Multimedia Berbasis Android Pada SMKN 1 Kuala Tungkal,” J. Ilm. Mhs. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 137–147, 2020.
S. Rabiah, “Penggunaan Metode Research and Development Dalam Penelitian Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi,” no. April 2015, pp. 1–7, 2015.
J. Santoso, “Usability User Interface dan User Experience Media Pembelajaran Kamus Kolok Bengkala Berbasis Android,” J. Sist. Dan Inform., vol. 12, no. 2, pp. 174–181, 2018.
F. A. Ramadan and N. Arfinanti, “Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi Dan Fungsi) Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Sebagai SUmber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP,” J. Pengemb. Pembelajaran Mat., vol. I, no. 1, pp. 42–50, 2019.
O. I. Handayani, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH),” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 35, no. 5, pp. 639–643, 2018, doi: 10.1093/fampra/cmy005.